spot_img
Selasa 25 Januari 2022
spot_img

Notifikasi di WhatsApp Tidak Muncul, Ini Caranya

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Panggilan di WhatsApp (WA) sering tidak terangkat atau tidak ada notifikasi (tidak berdering) saat dipanggil nomer lain pasti akan sangat menjengkelkan. Apalagi jika itu berhubungan dengan hal penting seperti bisnis dan sebagainya.

Kebanyakan pengguna WhatsApp pasti mengalami hal tersebut. Kondisi tersebut dikarenakan beberapa faktor.

Tapi saat ini tidak perlu khawatir. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan jika notifikasi panggilan dan chat tidak muncul.

BACA JUGA: WhatsApp Resmi Luncurkan Fitur View Once, Ini Cara Menggunakannya

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan notifikasi WhatsApp seperti dilansir dari berbagai sumber.

1. Matikan Penghemat Baterai

Banyaknya kegiatan yang berhubungan dengan smartphone pastinya akan menguras daya baterai dari smartphone tersebut.

Saat ini, hampir semua smartphone memiliki fitur hemat baterai biasanya para pengguna akan mengaktifkan fitur tersebut agar baterai tahan lama.

Namun perlu diketahui jika hal itu akan mengurangi kinerja smartphone termasuk mematikan notifikasi pada smartphone.

Nah, bagi yang notifikasi WA tidak muncul, bisa cek apakah penghemat baterai nya aktif? Cara ceknya cukup gampang. Tinggal pergi ke pengaturan lalu pilih baterai dan disitu akan terlihat apakah penghemat baterai aktif atau tidak.

2. Cek Cache atau Sampah pada Aplikasi

Notifikasi tidak muncul juga bisa disebabkan sampah aplikasi di ponsel yang menumpuk. Terkadang jika aplikasi WA sering dipakai, akan muncul peringatan ‘WhatsApp tidak mendukung’.  Hal itu mengakibatkan WA tidak berjalan.

Cara untuk menghapus cache pun cukup gampang. Pergi ke pengaturan ponsel, lalu pilih aplikasi, lalu pilih aplikasi WA kemudian hapus cache.

3. Periksa Pengaturan Notifikasi di WhatsApp

Hal ini merupakan hal sepele namun sering banyak orang yang lupa dengan hal ini. Jika menginginkan notifikasi WA muncul, hal pertama yang harus dilakukan yaitu melakukan cek di pengaturan notifikasi. Disana kita bisa mengatur notifikasi aktif atau mati.

Caranya, buka pengaturan pilih aplikasi lalu cari aplikasi WA. Klik notifikasi berikutnya akan muncul banyak notifikasi yang harus disetujui salah satunya panggilan. Centang panggilan jika belum diaktifkan.

4. Perbaharui Google Play

Ini sangat penting. Biasanya jika layanan google play belum diperbaharui notifikasi pada WhatsApp akan sedikit terhambat.

Cara untuk memperbaharui layanan google play yaitu kita bisa pergi ke pengaturan ponsel. Pilih aplikasi, pilih google play kemudian pilih detail aplikasi. Nah disitu akan tertulis apakah layanan google play harus diperbaharui atau tidak.

5. Re-Instal atau Instal Ulang Aplikasi WhatsApp

Cara ini boleh dibilang sebagai cara pamungkas jika semua cara diatas sudah dilakukan namun tidak membuahkan hasil.

Caranya, kita tinggal pergi ke pengaturan ponsel. Pilih aplikasi kemudian pilih WhatsApp berikutnya klik uninstall.

Penting! Sebelum melakukan uninstall, periksa dulu riwayat cadangan chat pada WhatsApp. Jika belum mencadangkan chat, segera cadangkan.

Caranya buka aplikasi WhatsApp lalu pilih titik tiga diatas kanan. Kemudian pilih setelan, lalu pilih chat, scrol ke bawah, klik cadangkan dan tunggu sampai proses tersebut selesai.

(Fauza/Ageng)

Berita Terbaru

spot_img