spot_img
Rabu 17 April 2024
spot_img
More

    WhatsApp Resmi Luncurkan Fitur View Once, Ini Cara Menggunakannya

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: WhatsApp (WA) telah resmi menambahkan fitur teranyarnya, View Once atau media sekali lihat yang sudah bisa digunakan oleh penggunanya.

    Fitur view once diciptakan untuk melindungi privasi pengguna WhatsApp. Cara kerja fitur ini cukup unik yaitu jika pengguna mengirim gambar atau video maka setelah dibuka oleh penerima, gambar atau video tersebut akan langsung terhapus secara otomatis.

    Lewat FAQ WhatsApp yang membahas fitur view once, WA menjelaskan bahwa pesan yang dikirim melalui fitur tersebut dilindungi oleh enskripsi end to end tidak akan bisa dilihat oleh siapapun kecuali pengguna.

    whatsapp fokusjabar.id
    Ilustrasi (foto web)

    BACA JUGA: Samsung Galaxy S20 FE Pastikan Gamers Nyaman dengan Baterai 4.500 mAh

    Pada mekanisme-nya pesan tersebut akan hilang setelah dibaca oleh penerima jika pengirim mengaktifkan fitur view once. Namun dalam hal tersebut WA mempermudah pengguna jika pesan tersebut sudah dibaca oleh penerima maka akan tampil tulisan “opened” di chat supaya pengirim mengetahui bahwa pesannya sudah dibaca.

    Cara Menggunakan Fitur View Once di WhatsApp:

    1. Buka aplikasi WhatsApp 
    2. Cari nomer penerima lalu pilih foto atau video yang hendak dikirim.
    3. Setelah selesai memilih foto atau video tahan dulu jangan langsung dikirim disebelah fitur Send ada fitur view once yang digambarkan dengan angka 1 bingkai bulat.
    4. Jika pengguna akan mengirimkan pesan dengan menggunakan vitur view once bisa klik angka satu tersebut lalu ikuti prosedurnya bagi yang baru menggunakan fitur itu.
    5. Fitur view once sudah diaktifkan.

    Berikut ini beberapa keterangan lengkap mengenai fitur View Once seperti yang telah dijelaskan melalui FAQ WhatsApp.

    1. Foto atau video yang dikirim melalui fitur view once tidak akan tersimpan otomatis di galeri penerima.
    2. Foto atau video yang dikirim melalui fitur view once hanya bisa dilihat sekali saja oleh penerima pesan.
    3. Foto atau video yang dikirim melalui fitur view once tidak akan bisa dibagikan, dijadikan pesan favorit, ditandai dan disimpan.
    4. Pengirim foto atau video melalui fitur view once akan menerima pemberitahuan bahwa pesan telah dibaca oleh penerima jika mengaktifkan ikon telah dibaca.
    5. Media akan hilang jika penerima tidak membuka pesan itu dalam waktu 14 hari.
    6. Foto atau video yang dikirim melalui fitur view once tidak bisa di back up dan dipulihkan.

    Kekurangan View Once

    WA juga dalam FAQ-nya mengenai fitur view once memperingati pengguna fitur ini agar senantiasa mengirimkan pesan kepada penerima yang terpercaya. Pasalnya, ada dua catatan penting yang harus diketahui yaitu:

    1. Pengirim tidak bisa mencegah dan tidak bisa mendapatkan informasi jika penerima pesan melakukan tangkapan layar terhadap chat foto atau video yang dikirim melalui fitur view once.
    2. Pengirim juga tidak bisa mencegah dan tidak akan mendapatkan informasi jika penerima mempotret dan melakukan video terhadap chat.
    3. Jika pengguna mengirim video atau foto menggunakan fitur view once, pengguna hanya bisa mengirimkan satu foto atau video saja dengan kata lain tidak bisa mengirim media sekaligus. (Fauza/Bambang)

    Berita Terbaru

    spot_img