spot_img
Senin 27 Mei 2024
spot_img
More

    Mahfud MD Tegaskan Papua Aman Untuk Gelar PON XX

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kondisi politik dan keamanan di Papua menjelang pelaksanaan PON XX menjadi kekhawatiran kontingen provinsi peserta. Meski demikian, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menegaskan, secara umum kondisi politik dan keamanan di Papua dalam kondisi baik.

    Dikutip dari kompas.com, Mahfid MD memastikan jika pelaksanaan PON XX di Papua akan berjalan dengan baik. Dirinya sebagai penanggung jawab di bidang keamanan sudah melakukan koordinasi secara rutin dengan pihak terkait.

    “Tadi baru mengundang Menpora, Ketua KONI, Mabes TNI, Polri, BIN, BSSN, termasuk EO nya, mereka presentasi bahwa semuanya siap,” kata Mahfud melalui keterangan tertulis, Sabtu (4/9/2021).

    Berbagai potensi ancaman, diakui Mahfud, telah diantisipasi. Sehingga pelaksanaan PON XX dan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI di Papua diharapkan berjalan dengan baik.

    BACA JUGA: Siswa SMK di Ciamis Meninggal Usai Divaksin

    fokusjabar.id PON XX Papua
    Menko Polhukam, Mahfud MD. (FOTO: WEB)

    Terkait kasus penyerangan di Posramil Kisor, Aifat, Kabupaten Maybarat, Papua Barat, kata Mahfud, itu menjadi perhatian dalam faktor kemanan. Namun dia memastikan tidak mempengaruhi rencana yang telah ditetapkan dalam kegiatan pengamanan dan keamanan yang dipersiapkan untuk PON dan Papernas.

    “Tapi untuk penerapan protokol kesehatan tetap dilakukan dengan ketat. Situasinya masih dalam pandemi kalau terpaksa nanti ada protokol kesehatan yang ditegakkan di dalam seluruh venue yang menjadi tempat perlombaan, supaya dimaklumi dan diikuti,” kata dia.

    Meski demikian, Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini tidak menghalangi jika masyarakat yang ingin menonton pertandingan PON XX. Namun dengan tetap mengikuti dan menaanti aturan yang sudah ditetapkan.

    “Kita tidak menghalang-halangi orang yang mau menonton tapi ada batasan-batasannya. Batasan mengenai jumlah, mengenai jarak, antigen, atau PCR dan sebagainya sudah diatur dan disiapkan sebaik-baiknya,” kata dia.

    Mahfud menegaskan jika kesiapan PON XX dan Papernas XVI sudah mencapai 99 persen. Sejumlah atlet dijadwalkan mulai tiba di Papua 20 September 2021.

    Pelaksanaan PON XX sendiri akan dibuka secara resmi pada 2 Oktober 2021, meski pertandingan sudah digelar sejak minggu ketiga September 2021. Sementara gelaran Peparnas XVI

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img