spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    JQR Akan Bantu Anak Kembar Asal Garut Hingga Sembuh

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Jabar Quick Respone (JQR) bantu anak kembar siam asal Wanaraja Kabupaten Garut Jabar.

    Anak kembar siam bernama Al Putri Dewi Ningsih dan Al Putri Anugrah ini mengalami kelainan genetik yang menyatu di daerah bagian pinggul. Saat ini kedua anak itu diasuh oleh ayahnya setelah sang ibu meninggal Oktober 2020 lalu.

    Ayah anak kembar Siam Iwan Kurniawan mengaku, memerlukan uluran tangan bantuan dari berbagai pihak karena kondidisi ekonomi yang kurang mampu, pasalnya Iwan tidak memiliki pekerjaan.

    “Saya kini tak dapat bekerja karena Putri dan Dewi belum memungkinkan untuk ditinggal sendirian. Karena saya harus rutin melakukan cek kesehatan ke Rumah Sakit Hasan Sadikin, Kota Bandung setiap tiga bulan sekali,” kata dia.

    Salah satu petugas JQR Wina Herwiane mengatakan, pihaknya mendapatkan informasi perihal kondisi tersebut dari laporan warga yang didapatkannya dari media sosial. Kemudian JQR langsung terjun ke lokasi untuk melihat kondisi anak kembar siam tersebut.

    JQR Fokusjabar.id
    Al Putri Dewi Ningsih dan Al Putri Anugrah anak kembar siam asal Garut. (Foto: Istimewa)

    BACA JUGA: BB1%MC West Java Chapter Kolaborasi dengan JQR Gelar Swab Gratis

    “Kami mengetahui kondisi anak Pak Iwan dari laporan warga yang masuk melalui media sosial kami. Nah kebetulan, ada rekan-rekan jurnalis dari IJTI Jawa Barat juga yang selama ini turut membantu Putri dan Dewi. Sehingga kamipun dapat lebih cepat mengetahui kondisi terkini anak kembar tersebut,” kata dia dalam rilis yang diterima Senin (30/2/2021).

    Wina pun menambahkan bahwa sesuai arahan Gubernur Jabar Ridwan Kamil, kasus-kasus warga berkebutuhan khusus memang menjadi jenis aduan yang harus diatensi selain aduan sosial lainnya.

    Menurut Wina dalam menuntaskan masalah sosial di Jawa Barat, pihaknya memang senantiasa berkolaborasi bersama lintas lembaga dan komunitas agar dapat mempercepat penyelesaian aduan yang masuk kepada Jabar Quick Response. Dalam kasus Putri dan Dewi ini, JQR turut menyalurkan santunan untuk membantu biaya pengobatan Putri dan Dewi.

    “Santunan yang diberikan kepada Putri dan Dewi berupa uang sebesar 8 juta rupiah yang berasal dari bantuan Gubernur Jawa Barat, Baznas Provinsi Jabar juga PT. Eigerindo MPI,” kata dia..

    Selain bantuan yang telah disalurkan tersebut, JQR juga akan terus melakukan pendampingan kesehatan apabila diperlukan pada saat Putri dan Dewi melakukan pengobatan dan pemeriksaan di RSHS Kota Bandung. Jabar Quick Response juga telah berkoordinasi dengan perangkat desa setempat untuk memantau kondisi Putri dan Dewi secara berkala.

    “Kami sangat mengapresasi dan berterima kasih kepada Pemerintah Desa Cinunuk juga seluruh jajaran Pemerintah Kab. Garut yang telah sigap memberikan perhatian dan membantu pengobatan Putri dan Dewi selama ini,” kata Wina.

    (Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img