spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Destinasi Wisata di Jabar Boleh Beroprasi dengan Prokes yang Ketat

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Sejumlah destinasi wisata di Jabar sudah bisa dibuka dalam aturan Pemberlaukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), namun sesuai dalam intruksi Inmendagri harus menerapkan protokol kesahatan (Prokes) yang ketat.

    Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, akan melakukan langkah antisipasi fenomena revenge tourism.

    Berdasarkan Inmendagri, ada empat daerah di Jabar yang masuk kategori kedaruratan level 2. Daerah tersebut adalah Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Subang dan Kabupaten Garut.

    Artinya, destinasi wisata yang berada di wilayah itu sudah boleh beroperasi dengan protokol kesehatan yang ketat.

    “Yang penting pengelola membatasi diri, mengecek, kepala daerah mengawasi bertanggungjawab terhadap pembukaan wisata dengan perlahan. Intinya jangan euforia, dikit-dikit aja,” kata dia.

    Sedangkan wilayah yang masih berada di level 3 dan 4 bisa menahan diri untuk tidak membuka tempat wisata. Namun, beberapa industri penunjang industri pariwisata seperti hotel dan restoran sudah diberikan relaksasi.

    BACA JUGA: Kalimalang Bisa jadi Destinasi Wisata dan Pengendali Banjir

    Apalagi, dirinya mengaku sudah mengajukan kepada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves), Luhut Binsar Panjaitan agar PPKM bisa berjalan secara mikro di level kecamatan.

    “Di Bogor misalnya level tiga, tapi pasti ada yang level satu (di tingkat kecamatan) Sehingga ekonomi sekolah bisa lebih leluasa. Aspirasi ini akan dibahas,” kata dia.

    Kepala dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar Dedi Taufik menyoroti hal yang disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno mengenai potensi timbulnya ‘revenge tourism’ atau wisata balas dendam, akibat aktivitas wisata yang terhalang karena pembatasan sosial.

    Dedi meminta agar masyarakat tetap waspada karena pandemi COVID-19 belum usai. Ia berharap masyarakat tetap berhati-hati dan waspada, jangan sampai lengah dengan berbagai relaksasi yang sudah mulai diberikan pemerintah.

    “Kekhawatiran dari pak Sandiaga Uno itu kami pahami, karena memang COVID-19 itu menyebar dari kerumunan. Pak Gubernur juga terus mengimbau pentingnya protokol kesehatan. Kami terus lakukan koordinasi dengan pengelola dan disparbud tingkat kabupaten kota agar potensi lonjakan kasus bisa dicegah,” kata dia.

    Di samping itu, pihaknya terus menggenjot peningkatan kepemilikan sertifikat CHSE di destinasi wisata, hotel, dan restoran. Sertifikasi itu juga akan berintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi.

    “Sektor kesehatan dan ekonomi sedang dalam pembenahan. Semua ini butuh proses dan kerjasama semua pihak. Upaya vaksinasi juga terus kami lakukan, termasuk untuk para pelaku pariwisata,” kata Dedi.

    (Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img