spot_img
Minggu 28 April 2024
spot_img
More

    Ini Dia 8 Pohon Sarang Makhluk Gaib

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Bukan hanya bangunan atau tempat kotor saja yang disenangi makhluk gaib (jin dan setan). Beberapa pohon pun disinyalir menjadi salah satu tempat favorit mereka untuk tinggal atau sekedar bermain.

    Konon, semakin besar, tinggi dan tua pohon tersebut, semakin banyak penghuni astralnya.

    Lantas pohon apa saja yang sering dijadikan tempat mereka tinggal?

    1. Pohon Beringin

    Beringin (Ficus benjamina dan beberapa jenis (genus) Ficus lain dari suku ara-araan atau Moraceae yang disebut juga waringin dikenal sebagai tumbuhan pekarangan dan tumbuhan hias pot.

    makhluk gaib fokusjabar.id
    Pohon Beringin (foto web)

    Pemulia telah mengembangkan beringin berdaun loreng (variegata) yang populer sebagai tanaman hias ruangan. Beringin juga sering digunakan sebagai objek bonsai.

    BACA JUGA: Goa Lalay, Goa Tak Berujung di Ciamis Yang Masih Menyimpan Misteri

    Beringin adalah tumbuhan asli dari Asia dan Australia. Varietas beringin yang baru saja dideskripsikan, Ficus benjamina var. Bracteata ditemukan di hutan karang yang terangkat di daerah Taiwan selatan.

    Buah beringin relatif kecil, dan biasanya disukai oleh beberapa burung. Beringin sangat akrab dengan budaya asli Indonesia. Tumbuhan berbentuk pohon besar ini sering kali dianggap suci dan melindungi penduduk setempat.

    Sesaji sering diberikan di bawah pohon beringin yang telah tua dan berukuran besar karena dianggap sebagai tempat kekuatan magis berkumpul. Beberapa orang menganggap tempat di sekitar pohon beringin adalah tempat yang “angker” dan perlu dijauhi.

    Menurut legenda rakyat, pohon ini merupakan rumah genderuwo. Daun-daunnya yang rindang dan tingginya yang selangit membuat pohon ini terlihat lebih menyeramkan, terutama saat matahari sudah terbenam.

    Dalam beberapa kepercayaan di Indonesia, ada beberapa hal yang harus dilakukan dalam merawat pohon ini.

    Ketika ditebang atau dirapihkan, ada baiknya jika kita melakukan mediasi apabila kita tidak mau diikuti dan diganggu oleh penunggu pohon.

    1. Pohon Kapuk

    Kapuk randu atau (Ceiba petandra) adalah pohon tropis yang tergolong ordo Malvales dan family Malvaceae. Tanaman ini berasal dari Amerika Selatan bagian utara, Tengah dan Karibia. Untuk varitas C. pentandra var. guineensis berasal dari sebelah barat Afrika.

    makhluk gaib fokusjabar.id
    Pohon Kapuk (foto web)

    Pohon ini juga dikenal sebagai kapas Jawa atau kapuk Jawa atau pohon kapas-sutra. Ceiba, genus tanaman ini juga merupakan simbol suci dalam mitologi bangsa Maya.

    Pohon ini banyak ditemukan di Amerika Selatan dan Asia, tepatnya di Malaysia, Filipina dan Indonesia (pulau Jawa).

    Pohon ini bisa tumbuh hingga setinggi 60–70 m. Batang pohon dapat mencapai diameter 3 meter. Akar pohon kapuk menyebar secara hozontal di permukaan tanah. Batang dapat menjulang dengan atau tanpa cabang. Sering juga ditemui duri-duri di batang pohon kapuk.

    Dibalik semua manfaat dan kelebihan yang bisa kita dapatkan dari pohon randu, ternyata tidak disarankan untuk memelihara pohon hingga terlalu besar karena konon kerap dijadikan rumah makhluk gaib (hantu pocong).

    1. Pohon Sukun

    Sukun (Artocarpus altilis) adalah nama sejenis pohon berbuah. Buah sukun tidak berbiji dan memiliki bagian yang empuk, yang mirip roti setelah dimasak atau digoreng. Karena itu, orang-orang Eropa mengenalnya sebagai “buah roti.

    Sukun sesungguhnya adalah kultivar yang terseleksi sehingga tak berbiji. Di daerah Pasifik, kulur dan sukun menjadi sumber karbohidrat penting. Di sana dikenal dengan berbagai nama, seperti kuruulu, atau uru. Nama ilmiahnya adalah Artocarpus altilis.

    makhluk gaib fokusjabar.id
    Pohon Sukun (foto web)

    Namun, masihkah ingin menanam sukun setelah tahu bahwa pohon ini masuk ke dalam pohon angker yang perlu diwaspadai?

    Katanya, pohon sukun merupakan tempat di mana pocong, jin, dan Miss K sering nongkrong

    1. Pohon Ara

    Tin atau Ara (Ficus carica L.) adalah sejenis tumbuhan penghasil buah-buahan yang dapat dimakan dan berasal dari Asia Barat. Buahnya bernama sama. Nama “Tin” diambil dari bahasa Arab juga dikenal dengan nama “Ara” (buah ara /pohon ara) sedangkan dalam bahasa Inggris disebut fig (common fig; “pohon ara umum”), sebenarnya masih termasuk kerabat pohon beringin dari dari genus yang sama, yaitu Ficus.

    Tumbuh di daerah Asia Barat, mulai dari pantai Balkan hingga Afganistan.   Sekarang dibudidayakan pula di Australia, Cile, Argentina dan Amerika Serikat. Pohon ini dapat tumbuh hingga 10 m dengan batang lunak berwarna abu-abu. Daunnya cukup besar dan berlekuk dalam 3 atau 5 cuping.

    makhluk gaib fokusjabar.id
    (foto web)

    Bunganya tidak tampak karena terlindung oleh dasar bunga yang menutup sehingga dikira buah. Penyerbukan dilakukan oleh sejenis Tawon khusus, sama seperti serangga yang menyerbuki jenis-jenis Ficus lainnya.

    Tampilannya terlihat seperti beringin. Tinggi dan besarnya dapat mengalahkan ukuran rumah, ranting-rantingnya tebal dan cocok untuk digunakan sebagai tempuan ayunan.

    Menurut masyarakat yang sering menjadi korban keisengan penghuninya, penampakan makhluk gaib hantu tin mirip dengan pohonnya. Sosoknya besar, hitam, dengan rambut gondrong yang kusut.

    1. Pohon Bambu

    Bambu adalah tumbuh berbunga menahun hijau abadi dari subfamili Bambusoideae yang termasuk famili Poaceae. Nama lain dari bambu adalah buluh, aur, dan eru. Di dunia ini bambu merupakan salah satu tanaman dengan pertumbuhan paling cepat.

    Karena memiliki sistem rhizoma-dependen unik, dalam sehari bambu dapat tumbuh sepanjang 60 cm (24 inchi) bahkan lebih, tergantung pada kondisi tanah dan klimatologi tempat ditanamnya.

    makhluk gaib fokusjabar.id
    Pohon Bambu (foto web)

    Tanaman yang berasal dari negeri panda ini terkenal angkernya karena keberadaanya sering sekali ditemukan di dekat kuburan.

    Selain itu, rindangnya pohon ini juga dikatakan sebagai salah satu alasan mengapa makhluk gaib senang menempati pohon bambu.

    1. Pohon Pisang

    Pisang adalah nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae. Beberapa jenisnya menghasilkan buah konsumsi yang dinamakan sama.

    Buah ini tersusun dalam tandan dengan kelompok-kelompok tersusun menjari yang disebut sisir. Hampir semua buah pisang memiliki kulit berwarna kuning ketika matang, meskipun ada beberapa yang berwarna jingga, merah, hijau, ungu atau bahkan hampir hitam.

    Buah pisang sebagai bahan pangan merupakan sumber energi (karbohidrat) dan mineral, terutama kalium.

    makhluk gaib fokusjabar.id
    Pohon Pisang (foto web)

    Siapa sangka pohon pisang bisa ditempati makhluk gaib.  Menurut mitos, pohon ini dikatakan sebagai rumah pocong.

    Selain pocong, penghuni gaib lainnya yang gemar menempati pohon angker ini adalah kuntilanak dan tuyul.

    Sampai sekarang, kisah pocong dan kuntilanak yang menampakkan diri mereka di sebelah pohon pisang sudah sering di dengar warga.

    1. Pohon Sawo Manila

    Sawo manila (Manilkara zapota) adalah pohon buah berumur panjang berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko.

    Tanaman sawo termasuk tumbuhan tropis yang mudah beradaptasi sehingga mudah dibudidayakan di berbagai negara termasuk di Indonesia.

    Pohon yang besar dan rindang, dapat tumbuh hingga setinggi 30-40 meter. Bercabang rendah, batang sawo manila berkulit kasar abu-abu kehitaman sampai coklat tua. Seluruh bagiannya mengandung lateks, getah berwarna putih susu yang kental.

    Daun tunggal, terletak berseling, sering mengumpul pada ujung ranting. Helai daun bertepi rata, sedikit berbulu, hijau tua mengkilap, bentuk bundar-telur jorong sampai agak lanset, 1,5-7 x 3,5-15 cm, pangkal dan ujungnya bentuk baji, bertangkai 1-3,5 cm, tulang daun utama menonjol di sisi sebelah bawah.

    makhluk gaib fokusjabar.id
    (foto web)

    Konon, kerap dijadikan tempat tinggal makhluk gaib (hantu genderuwo dan kuntilanak). Menurut kepercayaan orang tua kita, anak-anak yang bermain di bawah pohon ciku pada waktu magrib akan dibutakan pandangannya sehingga mereka akan tersesat.

    Selain itu, pohon sawo manila juga merupakan rumah bagi kerajaan jin.

    1. Pohon Asam Jawa

    Asam jawa, asam atau asem adalah sejenis buah yang masam rasanya. Biasa digunakan sebagai campuran bumbu dalam banyak masakan Indonesia sebagai perasa atau penambah rasa asam dalam makanan. Juga digunakan untuk campuran jamu tradisional.

    BACA JUGA: D’Ragam Gagal Segel Kantor Bupati Garut

    Asam jawa sebenarnya berasal dari benua hitam, Afrika. Namun di India, dijadikan sebagai tanaman yang produktif dan banyak manfaat. Oleh sebab itu, tanaman ini sering disebut kurma india, mengingat daging buahnya seperti kurma.

    (foto web)

    Menurut kepercayaan orang zaman dulu, pohon jawa merupakan tempat tinggal makhluk gaib (hantu pocong dan kuntilanak).

    Itulah mengapa mereka tidak pernah membiarkan pohonnya tumbuh terlalu lebat atau terlalu lama di rumah.

    Sama seperti pohon rindang lainnya, pohon asam Jawa juga membutuhkan ritual tertentu sebelum ditebang, terutama untuk pohon yang sudah berdiri selama ratusan tahun.

    (Bambang Fouristian/berbagai sumber)

    Berita Terbaru

    spot_img