spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Kembali Hadir, TPJF 2021 Gelar Kompetisi Jazz Online

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: The Papandayan Jazz Fest (TPJF) akan kembali hadir di tahun 2021 setelah absen pada tahun 2020. Salah satu program musik jazz ikonik Indonesia rutin digelar di The Papandayan Bandung ini pun akan tampil berbeda dibanding pelaksanaan sebelumnya.

    “TPJF ini merupakan kegiatan rutin yang digelar The Papandayan Bandung sejak tahun 2013 dan di tahun ini seharusnya memasuki tahun ke-7,” kata VP Corporate Communications Media Grup, Fifi Aleyda Yahya saat memberikan keterangan secara virtual melalui zoom, Rabu (18/8/2021).

    Menjadi gelaran tahun keenam, setelah vakum di tahun 2020 karena pandemi, Fifi berharap TPJF bisa menebus kerinduan pencinta musik jazz menyaksikan akrobat musikal secara live performance musisi jazz Indonesia dan mancanegara. Meski untuk gelaran keenam di tahun 2021 ini, direncanakan hadir secara online pada 10-11 Desember 2021 melalui platform Loket.com.

    “Kami dari Media Group selalu mendukung kegiatan ini karena melalui musik diharapkan mampu mendekatkan dan menghangatkan. Insya Allah jika kondisi lebih baik dan bisa digelar offline, TPJF harus tetap terlaksana dengan koridor aturan penanganan Covid-19 dan prokes yang ketat,” kata Fifi.

    General Manager Hotel The Papandayan Bandung, Bobby Renaldi mengatakan, TPJF 2021 akan mengusung tema ‘Jazz Enjoy It’ dan diharapkan menjadi momen selebrasi dan ‘melting pot’ musisi dan peminat jazz. Tidak hanya di Bandung, Jakarta dan sekitarnya, namun juga akan menjangkau audience yang lebih luas dan melibatkan musisi yang lebih variatif lagi.

    “Ada yang berbeda dari gelaran TPJF 2021 ini, karena selain musisi dan band terkemuka tanah air, festival ini pun dimeriahkan band-band hasil seleksi ketat tim juri berkompeten TP Jazz-International Jazz Competition,” kata Bobby.

    BACA JUGA: Oded Ajak Pramuka Berperan Aktif Dalam Penanganan Covid-19

    fokusjabar.id TPJF jazz kompetisi
    Juri pada TP Jazz-International Jazz Competition 2021, Eq Puradireja (kiri bawah) dan Venche Manuhutu (kanan bawah). (FOTO: Istimewa)

    TP Jazz-International Jazz Competition sendiri, lanjut Bobby, merupakan kompetisi band jazz yang dilaksanakan secara virtual menggunakan platform Zoom conference dan social media. Selain untuk menemukan talenta jazz baru agar bisa go international, juga membantu mengenalkan musisi jazz baru Indonesia.

    “Kompetisi ini menjadi rangkaian acara Road to TPJF 2021 yang terdiri dari tiga babak. Yakni penyisihan, semifinal dan grand final. Di babak pamungkas ini, akan dipilih empat band terbaik yakni Juara 1, 2, 3 dan Juara Favorit yang diumumkan pada saat TPJF 2021 di bulan Desember,” dia menambahkan.

    Untuk pendaftaran TP Jazz-International Jazz Competition, dibuka hingga 27 September 2021 nanti. Untuk proses penyeleksian peserta, TP Jazz Management mengundang musisi jazz kelas dunia, Ben Van Gelder.

    “Selain itu, ada juga jajaran Dewan Juri dari musisi jazz tanah air seperti Dwiki Dharmawan, Eq Puradireja, Venche Manuhutu dan seniman senior Bandung, Hari Pochang,” kata dia.

    Salah seorang juri TP Jazz-International Jazz Competition, Venche Manuhutu mengaku, kehadiran TPJF di tahun 2021 akan menjadi obat rindu para penikmat musik jazz tanah air. Pasalnya, selama pandemi, jarang atau bahkan tidak pernah digelar pertunjukkan musik.

    “Untuk penilaian pada kompetisi, ini akan jadi tugas berat bagi kami. Kita akan menilai secara umum, mulai dari sisi musikalitas. bagaimana harmonisasi, arransement, hingga improvisasi dari setiap grup dengan versi mereka masing-masing. Karana dalam kompetisi ini ada lagu wajib yang harus mereka bawakan,” kata Venche.

    Hal senada diungkapkan salah seorang juri lain, Eq Puradiredja. Dia berharap ada kejutan dari musisi jazz yang menjadi peserta kompetisi. Tidak hanya dari sisi musikalitas, harmonisasi dan arransement, tapi juga dari sisi konsep dan gimic dari mereka tampilkan.

    “bagaimana mereka mengemas show ini menjadi menarik sehingga penonton bisa duduk, nonton dan tetap stay mengikuti pertunjukkan. Bagaimana setiap grup ini mengemas lagu wajib dengan arransement baru yang mencengangkan, wow, out of the box. Ini akan jadi tugas berat kami sebagai juri,” kata Eq.

    Selain berkesempatan tampil di TPJF 2021, pemenang kompetisi akan memperebutkan total grand prize Rp80 juta. Untuk mengetahui terkait panduan dan informasi lainnya, bisa bergabung di TPJC yang dapat diakses melalui https://www.mediagroupnews.com/tpjazz.

    Untuk TPJF 2021 sendiri, acara akan berlangsung live dari Grand Studio Metro TV selama 2 hari berturut-turut dan dimeriahkan banyak musisi lintas genre dan generasi.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img