spot_img
Selasa 23 April 2024
spot_img
More

    Taliban Klaim Kuasai 90 persen Perbatasan Afghanistan

    AFGHANISTAN,FOKUSJabar.id: Taliban mengklaim telah menguasai 90 persen perbatasan Afghanistan, Jumat (23/7/2021).

    Klaim itu disampaikan juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid, menyusul serangan yang dilakukan oleh kelompok Islam garis keras ketika pasukan asing mundur.

    “Perbatasan Afghanistan dengan Tajikistan, Uzbekistan, Turkmenistan, dan Iran, atau sekitar 90 persen dari perbatasan, berada di bawah kendali kami,” kata Zabihullah.

    Para militan mendorong melintasi Afghanistan, merebut wilayah, merebut penyeberangan perbatasan dan kota-kota yang mengepung, dengan penarikan pasukan (Amerika Serikat) AS dan NATO selesai.

    BACA JUGA: Geram, Turki Tuding Israel Langgar Kesucian Kompleks Masjid Al-Aqsa

    Mujahid mengatakan, bahwa Taliban tidak akan mentolerir kelompok negara Islam, juga disebut ISIS di Afghanistan.

    “Kami meyakinkan Anda bahwa kami tidak akan membiarkan ISIS aktif di negara ini, di daerah-daerah di bawah kendali kami,” kata dia, seperti dilansir Detik.

    “Tidak ada militan dari Asia Tengah atau Cina di kabupaten itu,” tambahnya.

    Mujahid juga mengatakansetelah penarikan, Taliban tidak akan mentolerir pasukan asing di negara itu. Termasuk dari Turki yang telah melakukan pembicaraan dengan Washington tentang mengambil alih pengelolaan bandara Kabul.

    “Kami telah menolak posisi Turki dan mengatakan bahwa setelah penarikan AS dari Afghanistan, kami tidak akan membiarkan pasukan asing lainnya tetap berada di negara itu dengan dalih apa pun,” kata Mujahid.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img