spot_img
Jumat 30 Juli 2021
spot_img
spot_img

Geram, Turki Tuding Israel Langgar Kesucian Kompleks Masjid Al-Aqsa

TURKI,FOKUSJabar.id: Turki mengecam aksi Israel terkait bentrokan dengan warga palestina di kompleks Masjid Al-Aqsa pada Minggu (18/7/2021) waktu setempat.

Pemerintah Turki geram dan menuduh Israel mengganggu ibadah jemaah Palestina dan mengizinkan pemukim Yahudi menyerbu masuk ke kompleks Masjid Al-Aqsa.

Kementerian Luar Negeri Turki dalam pernyataannya menuduh tentara Israel telah ‘melanggar kesucian Haram Al-Sharif’.

“Kami mengecam pasukan Israel yang melanggar kesucian Haram al-Sharif sekali lagi dengan membiarkan kelompok rasis (Israel) untuk menyerbu Masjid Al-Aqsa, mengganggu ibadah warga sipil Palestina dengan granat kejut dan menahan sejumlah warga sipil Palestina, termasuk anak-anak dan wanita, dalam gambar-gambar yang menyinggung martabat manusia,” demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri Turki.

BACA JUGA: Ricuh! Israel Bubarkan Warga Palestina saat Salat Zuhur di Al-Aqsa

Pernyataan itu juga dengan tegas meminta pemerintah Israel untuk mengakhiri aksi dan serangan provokatif.

“Kami menekankan kembali seruan kami kepada pemerintah Israel untuk mengakhiri aksi dan serangan provokatif ini sesegera mungkin,” Tegasnya, seperti dilanasir Detik.

Laporan lembaga Palestina menyebut bahwa lebih dari 500 pemukim Israel memaksa masuk ke kompleks Masjid Al-Aqsa pada Minggu (18/7) waktu setempat, di tengah ketegangan terkait rencana penyerbuan para pemukim ke titik rawan konflik tersebut.

(Agung)

Artikel Lainnya

spot_img