spot_img
Sabtu 31 Juli 2021
spot_img
spot_img

Cina Berkomitmen Bakal Terus Suplai Vaksin Corona Ke RI

JAKARTA,FOKUSJabar.id: Pemerintah Cina memastikan komitmennya untuk mensuplai vaksin Corona masuk ke Indonesia.

Dubes Cina, Xiao mengatakan pemerintahnya memastikan pasokan vaksin Corona untuk Indonesia, meskipun di negaranya masih menghadapi kesulitan.

“Meskipun saat ini suplai vaksin di Tiongkok sendiri sudah cukup ketat cuma masih ada kesulitan yang dihadapi, memunculkan komitmen untuk memastikan suplai vaksin ke Indonesia,” kata Xiao.

Dubes Xiao menyebut, sejumlah perusahaan produsen vaksin Corona asal Cina telah mengekspor sejumlah besar vaksin ke Indonesia.

BACA JUGA: Luhut Buka Suara soal kemungkinan PPKM Darurat Diperpanjang

“Sinovac dan Sinopharm dari Tiongkok telah mengekspor 16 batch dengan jumlah 6,4 juta vaksin yang siap dipakai serta 115,5 juta vaksin yang setengah jadi ke Indonesia, demi membantu vaksinasi nasional di Indonesia,” kata dia, seperti dilansir Detik.

Dia juga mengatakan produsen vaksin Cina lainnya, CanSino, sedang mendiskusikan pembelian vaksin dengan mitra dan rekannya di Indonesia.

“Juga telah memulai uji klinis fase III yang baru di Indonesia. Sementara ini sudah ada 4.000 lebih sukarelawan yang berpartisipasi,” imbuhnya.

Xiao menyatakan, pihaknya akan selalu mendukung dan membantu Indonesia dalam menghadapi pandemi Corona, termasuk untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat produksi vaksin di kawasan.

“Pihak Tiongkok akan terus memberikan dukungan dan bantuan semampu kami, memberikan bantuan alat serta paramedical guna penanganan pandemi kepada Indonesia, dan memperdalam kerja sama kita dalam rangkaian industri vaksin termasuk penelitian, pembelian, produksi, distribusi dan lain-lain,” ucap Dubes Xiao.

(Agung)

 

Artikel Lainnya

spot_img