spot_img
Senin 11 Oktober 2021
spot_img
spot_img

Yuk Kenali Ciri-ciri Batuk Gejala Flu dan Batuk Gejala Covid-19

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Virus Corona dapat menyebar melelui droplet udara yang dikeluarkan oleh pasien Covid-19 saat batuk dan bersin.

Selain sebagai salah satu jembatan penyebaran covid-19 bersin dan batuk juga merupakan salah satu gejala yang terjadi jika terkena virus covid-19.

Dikondisi pandemi seperti ini jika ada orang yang batuk sembarangan ditempat umum tentunya harus diwaspadai oleh orang disekitarnya.

Namun perlu diketahui juga bahwa tidak semua batuk itu merupakan gejala dan jembatan penyebar virus covid-19.

BACA JUGA: Ini Loh 5 Penyebab Batuk Berdahak

Simak berikut perbedaan batuk biasa dan juga batuk gejala Covid-19 seperti dilansir dari kompas.com (24/3/2020).

Ciri-ciri Batuk biasa :

Berdasarkan keterangan dari pusat pencegahan dan pengendalian penyakit AS (CDC), batuk biasa atau batuk yang sering terjadi pada orang yang sakit flu akan terjadi secara tiba-tiba.

Tingkat kesembuhannya pun cukup sebentar hanya sekitar 1 sampai 2 Minggu.

Untuk batuk biasa atau batuk penderita sakit flu akan disertai pilek dan bersin, hal itu tidak akan terjadi pada batuk gejala covid-19.

Kesimpulannya, jika ada seseorang yang sedang batuk disertai pilek dan bersin, bisa dipastikan orang tersebut hanya batuk biasa atau flu.

Ciri-ciri batuk gejala covid-19 :

– Batuk kering yang akan terus terjadi selama setengah hari.

– Batuk gejala covid-19 berbeda pada umumnya, batuk tersebut akan dirasakan berbeda oleh penderita dalam artian tidak pernah dirasakan sebelumnya.

– Batuk kering tidak berdahak juga merupakan ciri-ciri batuk gejala covid-19, walaupun tidak sepenuhnya merupakan gejala covid-19.

Batuk kering disinyalir lebih berpotensi sebagai gejala covid-19 dari pada batuk berdahak.

Sebanyak 67,7 persen penderita positif covid-19 mengalami gejala batuk kering sebelum mereka dinyatakan positif covid-19. 

Maka dari itu, jika mengalami ciri-ciri gejala batuk covid-19 seperti diatas, maka sangat dianjurkan untuk melakukan isolasi mandiri untuk mencegah penularan atau penyebaran virus covid-19.

Jika kita tertular melalui droplet udara saat penderita covid-19 batuk, maka virus tersebut akan mulai menginfeksi jaringan di paru-paru sehingga menyebabkan batuk kering yang berkepanjangan yang dibarengi dengan sesak nafas dan pegel atau nyeri pada otot.

Setelah virus mulai berkembang biak di dalam tubuh, jaringan paru-paru akan dipenuhi dengan cairan pada fase tersebut pasien akan mengalami sesak nafas yang luar biasa sehingga membutuhkan tabung oksigen.

(Fauza)

Artikel Lainnya

spot_img