spot_img
Selasa 19 Maret 2024
spot_img
More

    Ini Loh 5 Penyebab Batuk Berdahak

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Batuk berdahak adalah salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri maupun virus yang dapat terjadi karena flu. Biasanya ketika seseorang menderita flu, maka tubuh akan memproduksi lendir lebih banyak dari biasanya.

    Sehingga dengan batuk akan mengeluarkan lendir yang ada di paru paru. Lalu, apa saja yang menjadi penyebab batuk berdahak? Simak ulasannya berikut ini.

    Penyebabnya: 

    1. Asma

    Hal pertama yang menjadi penyebab batuk jenis berdahak adalah asma. Umumnya pengidap asma akan memiliki atau mengalami gejala batuk kering. Akan tetapi dalam beberapa kasus, pengidap penyakit satu ini juga akan menghasilkan lendir yang berlebih di dalam tubuh.

    BACA JUGA: 5 Bahan Alami untuk Atasi Batuk Berdahak

    Oleh karena itu, jika tubuh pada seseorang yang menderita asma telah memproduksi jumlah lendir yang berlebih, tentu saja hal ini akan menyebabkan batuk berdahak yang kronis. Untuk itu, sebaiknya anda segera ke dokter atau klinik terdekat agar bisa mendapatkan perawatan.

    2. Cystic Fibrosis

    Penyebab batuk berdahak selanjutnya adalah Cystic Fribosis. Kondisi satu ini merupakan turunan atau genetik yang bisa terjadi pada seseorang. Penyakit satu ini biasanya akan meyerang sistem pernapasan yang umumnya akan terdiagnosa pada anak yang masih belia atau usia yang masih dini.

    Ketika seseorang di diagnosa penyakit ini, maka tubuh pun nantinya akan memproduksi lendir berlebih yang kental dan juga lengket pada paru-paru maupun organ lainnya. Dengan adanya produksi lendir di paru-paru yang berlebih ini, menjadi salah satu hal yang menyebabkan seseroang yang menderita cystic fibrosis mengalami batuk berdahak.

    Kerap Kali Diabaikan, Berikut 5 Hal Penyebab Batuk Berdahak

    3. Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK)

    Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) juga dapat menjadi salah satu penyebab batuk berdahak. Apabila seseorang mengalami kondisi satu ini, maka akan memiliki resiko paru paru yang rusak. Tak hanya itu saja, bahkan tabung yang membawa udara menuju ke paru paru yakni bronkus juga akan mengalami kerusakan.

    Umumnya penyebab utama dari munculnya penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) ini adalah kebiasaan merokok. Oleh karena itu, jika anda merupakan perokok aktif dan mulai mengalami batuk berdahak secara berlebih dan tak kunjun sembuh, ada baiknya anda bisa memeriksakannya ke dokter. Sebab, gejala utama dari penyakit ini adalah ditandai dengan batuk yang berdahak.

    4. Pneumonia

    Pneumonia merupakan salah satu kondisi dimana paru paru mengalami infeksi. Adapun infeksi ini sendiri biasanya akan disebabkan oleh bakteri, jamur dan juga virus. Ketika anda mengalami batuk berdahak ternyata hal tersebut dapat menjadi salah satu indikasi dari penyakit pneumonia.

    5. Bronkitis

    Salah satu penyebab batuk berdahak yang lainnya adalah bronkitis. Penyakit satu ini dapat terjadi lantaran terjadinya peradangan yang terjadi pada tabung bronkial. Tabung ini sendiri adalah pembawa udara menuju ke paru paru. Adapun penyakit satu ini biasanya akan dibedakan lagi menjadi dua jenis.

    Jenis tersebut antara lain yakni bronkitis akut dan bronkitis kronis. Apabila seseorang mengidap bronkitis akut, maka hal tersebut dapat terjdi lantaran virus. Sedangkan jika seseorang mengalami bronkitis kronis, biasanya hal tersebut akan disebabkan oleh berbagai macam kebiasaan buruk seperti meroko.

    Itulah beberapa gejala yang dapat menyebabkan batuk berdahak. Jika anda mengalami batuk berdahak berkepanjangan dan tak kunjung sembuh, ada baiknya anda segera untuk mengunjungi dokter ataupun rumah sakit terdekat. Hal ini dikarenakan jika penyakit tersebut dibiarkan terlalu lama, tentunya akan memiliki efek yang sangat buruk bagi kesehatan anda.

    (Antik Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img