spot_img
Senin 24 Juni 2024
spot_img
More

    5 Bahan Alami untuk Atasi Batuk Berdahak

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Batuk berdahak tentu saja menjadi salah satu penyakit yang cukup mengganggu. Hal ini dikarenakan ketika kondisi satu ini menyerang di malam hari, tentu saja akan membuat penderitanya menjadi tidur dengan tidak nyaman. Namun, beberapa bahan alami ini dapat membantu untuk atasi batuk berdahak.

    Bahan Alami Yang Berfungsi Untuk Mengatasi Jenis Batuk Berdahak

    Bukan Hanya Madu Dan Jahe, Berikut 5 Bahan Alami Untuk Atasi Batuk Berdahak

    1. Air Garam

    Garam adalah bumbu dapur yang sangat mudah untuk ditemukan di rumah. Ternyata tak hanya berfungsi sebagai penyedap makanan, garam juga memiliki fungsi untuk meredakan sakit tenggorokan yang terjadi karena batuk berdahak. Langkah langkah yang perlu anda lakukan pun cukup mudah.

    BACA JUGA: Didukung DPRD, 5 Ribu Fagar Garut Siap ke Jalan Perjuangkan Guru Honorer

    Anda hanya perlu untuk mencampurkan setengah sendok teh garam pada segelas air hangat. Kemudian, biarkan campuran tersebut menjadi dingin. Lalu, anda pun bisa menggunakannya untuk berkumur. Kumurlah beberapa kali secara rutin hingga batuk mereda. Air garam ini akan berguna untuk mengurangi dahak dan juga produksi lendir yang ada di belakang tenggorokan.

    2. Thyme

    Thyme juga merupakan salah satu obat alami yang berfungsi untuk atasi batuk berdahak. Bahkan thyme sendiri bisa digunakan sebagai obat untuk beberapa penyakit seperti sakit tenggorokan, bronkitis, batuk hingga masalah pencernaan. Hal ini dikarenakan thyme memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan.

    Bagi anda yang ingin mencobanya, anda pun bisa membuatnya sendiri di rumah. Caranya adalah dengan menyeduh dua sendok teh thyme kering dengan menggunakan air panas. Kemudian, anda pun bisa menunggu selama 10 menit hingga agak dingin. Lalu saringlah dan minum secara rutin.

    3. Jahe

    Sudah bukan hal yang baru jika jahe memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh. Salah satu manfaatnya adalah mampu atasi batuk berdahak. Hal ini dikarenakan dengan menggunakan jahe akan membantu untuk mengurangi intensitas batuk. Bagi anda yang tertarik menggunakan bahan alami satu ini, maka anda bisa menyiapkan air, teh dan jahe.

    Seduh teh dengan menggunakan air panas, kemudian tambahkan jahe sekitar 20 hingga 40 gram pada minuman. Anda pun bisa menunggunya hingga menjadi hangat. Untuk menambah rasa, anda bisa mencampurkan madu dan juga perasan lemon. Namun, bagi anda yang sedang mengalami heartburn, ada baiknya anda tidak mengonsumsi jahe terlebih dahulu.

    4. Madu

    Salah satu cara untuk mengurangi batuk yang berdahak adalah dengan mengonsumsi madu sebelum tidur. Anda bisa meminum madu secara langsung ataupun mencampurkannya ke dalam minuman. Caranya adalah dengan mencampurkan dua sendok makan teh madu dengan air hangat. Lalu minumlah larutan tersebut sebelum tidur.

    5. Nanas

    Buah yang identik dengan warna kuningnya ini memiliki enzim yakni bomelain yang bermanfat untuk mengatasi peradangan. Bahkan kandungan tersebut mampu menghilangkan lendir dan juuga dahak. Andabisa mengonsumsi jus nanas ketika sedang dilanda penyakit ini.

    Cara atasi batuk berdahak tersebut biasanya terletak pada bromelain yang berada di inti nanas. Namun sebelum mengonsumsinya, anda bisa berkonsultasi terlebih dhulu kepada dokter. Sebab, terdapat beberapa orang yang ternyata memiliki alergi terhadap bromelain. Zat ini pun juga sering kali mengandung kontradiksi dengan antibiotik.

    Itulah lima cara yang bisa anda coba untuk mengatasi batuk jenis berdahak yang anda hadapi. Penyakit satu ini tentu saja akan membuat anda tidak nyaman dalam melakukan berbagai macam aktivitas. Bahkan ketika tidur pun akan cukup mengganggu. Namun, jika sakit berlanjut anda bisa menghubugi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

    (Antik Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img