spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    RSUD Ciamis “Dihantui” Kematian Pasien Covid-19

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Angka kematian pasien positif Covid-19 di RSUD Kabupaten Ciamis terus mengalami peningkatan. 

    Tercatat hingga pertengahan tahun 2021, total kematiannya melebihi ]angka kasus meninggal di tahun 2020 lalu.

    Direktur RSUD Ciamis, Rizali Sofyan melalui Kabag TU, Aris Sukmayana mengatakan, angka kematian pasien positif Covid-19 saat ini sudah mencapai 76 orang.

    “Berdasarkan data yang dimiliki, tercatat hingga bulan Mei lalu sudah mencapai 76 orang,” ungkapnya pada FOKUSJabar saat ditemui diruangan kerjanya, Selasa (29/6/2021).

    BACA JUGA: Desa Lumbungsari Ciamis Masih Berstatus Zona Merah

    Sedangkan total angka pasien yang dirawat karena terpapar virus corona dari bulan Januari sampai Mei lalu mencapai 673 orang.

    “Total angka kematian dan pasien yang dirawat karena Covid-19 tersebut belum disatukan dengan penambahan pada bulan ini (Juni),” terangnya.

    “Untuk kasus covid-19 bulan Juni kami belum melakukan report, cuma memang ada penambahan, bahkan angka kematian di bulan ini ada yang satu hari mencapai 8 orang,”sambungnya menambahkan.

    Lanjutnya, Aris mengatakan peningkatan kasus kematian di RSUD mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2020 lalu.

    “Untuk angka kematian di tahun lalu hanya mencapai 25 orang dari total pasien yang dirawat 251 pasien covid-19,”jelasnya.

    Hal itu terjadi karena lonjakan kasus virus corona terus meningkat secara signifikan, bahkan dalam dua pekan lalu, kasus kematian di RSUD Ciamis saja terjadi hampir setiap hari.

    Ketersediaan peti mati di Rumah Sakit saat ini semakin berkurang.

    “Saat ini kami tinggal memiliki ketersediaan 18 peti mati ukuran dewasa dan 7 peti mati ukuran kecil untuk anak,” paparnya.

    Saat ini, pihaknya mengaku bahwa ketersediaan ruangan di RSUD sudah penuh.

    “Ketersediaan ruangan di RSUD Ciamis sudah terisi 100 persen,” kata Aris

    Dengan demikian, Aris mengharapkan para tenaga kesehatan yang menangani virus corona terus semangat dan selalu diberikan kesehatan.

    Selain itu, dirinya juga meminta kepada masyarakat agar terus menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin untuk menekan penyebaran Covid-19. 

    Sementara itu, berdasarkan data Covid-19 di Kabupaten Ciamis per 28 Juni 2021 sudah mencapai 5.670 kasus terkonfirmasi positif virus corona dengan rincian 220 pasien meninggal dunia, 181 positif aktif dan 5.269 telah dinyatakan sembuh.

    (Budiana Martin/Antik)

    Berita Terbaru

    spot_img