spot_img
Sabtu 4 Mei 2024
spot_img
More

    Desa Lumbungsari Ciamis Masih Berstatus Zona Merah

    CIAMIS,FOKUSJabar.Id: Puluhan warga di Desa Lumbungsari, Kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat masih berstatus zona merah. Hal ini seiring dengan masih banyaknya warga yang terpapar Covid-19.

    Berdasarkan data dari Puskesmas Lumbung sampai Minggu (27/6/2021), tercatat 25 orang warga Desa Lumbungsari terkonfirmasi positif Covid-19 dari total 50 kasus yang ditemukan.

    “Kami telah melakukan berbagai upaya-upaya penanganan dan pencegahan penyebaran virus corona. Mulai dari tracking hingga tracing kepada warga yang terpapar,” kata Kepala Puskesmas Lumbung, Rustiadi, Selasa (29/6/2021).

    BACA JUGA: Warga Ciamis Antusias Ikuti Vaksinasi Covid-19 di Mapolres

    Selain di Desa Lumbungsari, lanjut Rustiadi, penyebaran virus SARS-CoV-2 ini pun ditemukan di beberapa desa lain yang masuk dalam wilayah kerja Puskesmas Lumbung. Seperti Desa Awiluar dari jumlah kasus 37 dan 8 orang positif, Desa Lumbung 31 kasus dengan 2 orang positif, Desa Rawa 39 kasus dengan 15 orang positif, Desa Darmaraja 28 kasus 28 dan 6 orang positif, Desa Sadewata 32 kasus dengan 4 orang positif, serta Desa Cikupa 16 kasus dengan 3 orang positif.

    “Total di wilayah kerja Puskesmas Lumbung ada 63 orang yang positif Covid-19,” Rustiadi menambahkan.

    Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Ciamis dr. Bayu Yudiawan mengatakan, kasus Covid-19 di Kabupaten Ciamis cukup banyak. Untuk itu, pihaknya meminta masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dengat ketat untuk memotong penyebaran virus corona.

    “Patuhi terus prokes, jangan sampai lupa memakai masker, mencuci tangan di air yang mengalir dengan menggunakan sabun, jaga jarak, hindari kerumunan, serta membatasi aktifitas diluar rumah kalau tidak ada urusan yang sangat penting, ” kata dr. Bayu.

    (Husen Maharaja/Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img