spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Asam Lambung Naik? Ini Cara Mengatasinya

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Penyakit asam lambung atau GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) merupakan penyakit umum yang biasanya dialami oleh anak-anak hingga orang dewasa.

    Penyakit yang sering muncul minimal 2 kali seminggu ini dapat menyebabkan komplikasi yang serius jika tidak segera ditangani. Untuk itu, kenali ciri-ciri dan cara mengatasi asam lambung naik sebagai berikut.

    Mengapa Bisa Naik?

    Sebelum membahas tentang cara mengobati penyakit ini, alangkah baiknya jika anda mengetahui penyebabnya agar bisa melakukan pencegahan. Umumnya, penyakit ini yang bisa naik hingga ke kerongkongan dapat terjadi ketika otot LES (otot kerongkongan bagian bawah) melemah.

    BACA JUGA: 5 Bahaya GERD yang Wajib Diketahui

    Otot yang seharusnya dapat menutup dan berkontraksi saluran yang melemah dapat terbuka kapan saja. Akibatnya, zat asam yang seharusnya berada di bagian lambung untuk membantu proses pencernaan naik kembali ke kerongkongan. Kondisi ini kerap terjadi pada orang yang mengalami obesitas, sedang hamil, merokok maupun berbaring atau tidur setelah makan.

    Ciri Asam Lambung Naik

    Ciri-ciri suatu penyakit sangat penting untuk diketahui sebelum mencari cara mengatasi asam lambung naik. Cirinya dapat ditandai dengan kondisi heartburn atau rasa panas di dada paling tidak 2 kali dalam seminggu. Terlebih lagi ketika anda selesai mengkonsumsi makanan atau minuman yang berkafein tinggi.

    American Academy of Allergy Asthma and Immunology menyatakan bahwa ciri atau gejala asam lambung naik dapat ditandai dengan kondisi mudah kenyang, mual, sakit tenggorokan, muntah, batuk tanpa dahak hingga bau mulut. Beberapa penderita bahkan ada yang merasakan asam pada bagian sekitar mulut.

    Anda sebaiknya tak perlu khawatir apabila naiknya asam lambung tidak terjadi selama beberapa hari atau hanya terjadi setelah mengkonsumsi makanan tertentu. Meski demikian, anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter apabila penyakit ini menjadi semakin parah. Cara mengatasi asam lambung naik perlu segera dilakukan agar penyakit ini tidak menimbulkan komplikasi.

    Langkah Yang Perlu Dilakukan 

    Naiknya asam lambung pada dasarnya dapat dipicu oleh kondisi pola makan dan pola hidup yang kurang baik. maka dari itu, penyakit ini dapat diatasi dengan menerapkan pola hidup yang baik secara bertahap. Pertama, anda bisa menghindari makanan dan minuman pemicu refluks. Misalnya saja cokelat, soda, makanan berlemak tinggi dan lainnya.

    Sebaliknya, anda dapat memperbaiki pola makan yang baik dengan memilih jenis makanan yang mengandung banyak serat. Mengatur porsi makan dengan jumlah kecil dan makan dalam beberapa kali lebih direkomendasikan daripada harus mengkonsumsi makanan dalam porsi yang besar dalam sekaligus.

    Mengulik Ciri-Ciri dan Cara Mengatasi Asam Lambung Naik

    Anda dapat membiasakan diri untuk makan secara perlahan dan mengusahakan jenis makanan telah tercerna dengan baik. Usahakan tidak sering minum disela-sela waktu makan agar jenis makanan yang anda kunyah telah halus. Hal ini dapat membantu proses pencernaan bekerja lebih optimal.

    Selanjutnya, cara mengatasi asam lambung naik dapat dilakukan dengan membiasakan diri untuk tidak makan sebelum tidur. Anda bisa memberi waktu jeda selama 2 hingga 3 jam untuk mengosongkan perut sebelum berbaring. Selain itu, anda dapat melakukan cara lain seperti menggunakan pakaian longgar dan meninggikan kepala ketika tidur.

    Penyakit naiknya asam lambung memang dapat terjadi pada setiap orang mulai dari anak-anak hingga dewasa. Meski demikian, penyakit ini dapat ditangani dengan melakukan pola hidup sehat sebagaimana ulasan di atas. Anda jangan sampai meremehkan penyakit yang satu ini karena dapat berbahaya dan menimbulkan komplikasi jika dibiarkan begitu saja.

    (Antik Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img