spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    5 Penyakit Pernapasan yang Tidak Boleh Disepelekan

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Penyakit pernapasan merupakan salah satu penyebab kematian yang paling sering terjadi bukan saja pada orang dewasa tetapi juga bayi dan anak-anak.

    Pada umumnya, suatu penyakit pernapasan dimulai dengan keluhan-keluhan ringan. Namun dalam perjalanannya, gejala-gejala tersebut menjadi lebih berat dan bila semakin berat dapat jatuh dalam keadaan kegagalan pernapasan dan kemungkinan meninggal.

    Pada umumnya disebabkan oleh beberapa golongan kuman seperti bakteri virus dan ricketsia yang jumlahnya lebih dari 300 macam. Selain membahayakan sistem pernapasan kuman tersebut juga dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh.

    BACA JUGA: Wajib Tahu! 6 Bahaya Penyakit Anemia Jika Tak Segera Ditangani

    Untuk itu, langkah paling dasar yang bisa kamu lakukan adalah dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar seperti rajin mencuci tangan, memakai masker dan membersihkan lingkungan sekitar.

    Penyakit pernapasan seringkali mengganggu kinerja tubuh secara keseluruhan. Maka dari itu, berikut beberapa penyakit yang perlu diwaspadai.

    Gangguan Penyakit Pernapasan yang Wajib Diwaspadai

    1. Asma

    Asma merupakan penyakit yang terjadi akibat peradangan saluran pernapasan. Asma merupakan jenis penyakit jangka panjang yang tergolong sulit untuk disembuhkan. Meski jarang terlihat, penyakit ini bisa muncul akibat beberapa kondisi seperti asap rokok, debu, bau tajam, gas, udara dingin, kondisi stres hingga kelelahan.

    Penderita asma yang sedang kambuh biasanya akan merasakan gejala sesak napas, batuk, nyeri dada dan ditandai dengan kondisi mengi. Umumnya, penderita asma akan segera membaik setelah meminum obat-obatan. Meski demikian, penyakit asma dapat berbahaya apabila terjadi serangan berat atau status asthmaticus.

    2. Bronkitis

    Penyakit sistem pernapasan berupa bronkitis dapat terjadi akibat peradangan yang terjadi pada bagian bronkus atau saluran utama yang membawa udara ke paru-paru. Pasalnya, infeksi ini menyebabkan penderita batuk berdahak dalam durasi yang lama. Kondisi bronkitis yang semakin parah biasanya disertai dengan gejala demam, nyeri otot, sesak nafas hingga sakit kepala.

    Penyakit bronkitis termasuk penyakit yang perlu diwaspadai dan segera disembuhkan. Terlebih lagi jika penyakit yang satu ini disertai dengan gangguan pernapasan lain seperti asma atau PPOK. Sebab, gejala berat bisa menyerang penderita hingga kulit menjadi kebiruan dan pucat karena kekurangan oksigen dalam darah.

    3. Penyakit Paru Obstruktif Kronis

    Penyakit paru obstruktif kronis atau PPOK juga termasuk penyakit sistem pernapasan yang perlu diwaspadai. Penyakit paru obstruktif kronis umumnya diawali dari gejala radang dan berlanjut hingga rusaknya struktur saluran napas sehingga terjadi gangguan pernapasan. Parahnya, PPOK termasuk jenis penyakit progresif sehingga penderita cepat memburuk seiring berjalannya waktu.

    Pasalnya, penyakit paru obstruktif kronis dapat terjadi akibat kebiasaan merokok. Meski demikian, anda yang terpapar asap rokok, asap kimia, debu dan polusi udara dalam jangka panjang juga berisiko mengidap penyakit yang satu ini. Beberapa penderita PPOK bahkan ada yang disebabkan oleh faktor genetik atau turunan.

    4. Emfisema

    Daftar Penyakit Sistem Pernapasan Yang Tidak Boleh Disepelekan

    Penyakit pernapasan lain yang tidak boleh disepelekan adalah emfisema. Penyakit kronis yang dapat terjadi karena kerusakan alveolus atau kantong udara kecil pada paru-paru ini seringkali dialami oleh perokok aktif. Kondisi alveolus yang semakin parah biasanya menjadi pecah dan membentuk kantong udara besar.

    Selain perokok aktif, anda yang hidup di lingkungan pabrik atau industri sangat berisiko terkena penyakit sistem pernapasan yang satu ini. Penderita penyakit yang satu ini biasanya akan mengalami batuk kronis dan mudah sesak napas. Terutama jika penderita melakukan olahraga ringan atau menaiki tangga.

    5. Alergi

    Selain itu, alergi juga menjadi salah satu penyakit yang perlu diwaspadai. Pasalnya, beberapa jenis alergi ada yang dapat memicu sesak napas dan menyebabkan pembengkakan jalan napas. Parahnya, penderita yang mengalami kondisi ini akan merasakan kondisi darurat seperti batuk, detak nadi cepat, kaki terasa dingin hingga penurunan kesadaran.

    Karena peran dan fungsinya, sistem saluran pernapasan seringkali dikaitkan dengan kondisi kehidupan manusia. Sehingga, penyakit yang terjadi pada saluran pernapasan seringkali menjadi salah satu penyakit berbahaya yang perlu diwaspadai. Meski demikian, anda bisa menerapkan gaya hidup sehat dengan cara mengurangi paparan polusi udara dan menghindari kebiasaan merokok.

    (Antik Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img