spot_img
Jumat 19 April 2024
spot_img
More

    Tak Boleh Disepelekan! Ini 5 Penyakit Berbahaya Pada Remaja

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Hingga saat ini anda mungkin akan menyebutkan usia tua ketika dimintai pendapat terkait orang yang berisiko pengidap penyakit berbahaya. Padahal, berbagai penyakit bisa saja menyerang semua usia dengan mudahnya. Berikut beberapa penyakit mematikan pada remaja yang tak pernah dibayangkan sebelumnya.

    Daftar Penyakit Mematikan Yang Dialami Oleh Remaja

    1. Diabetes

    Diabetes merupakan penyakit berbahaya yang dapat terjadi karena kadar gula darah melebihi nilai normal. Pasalnya, diabetes yang dipahami memiliki tipe 1 dan tipe 2 dapat menyerang anak hingga dewasa. Data IDAI tahun 2018 dari helosehat.com menyebutkan terdapat 1220 anak di Indonesia mengidap penyakit diabetes melitus tipe 1.

    BACA JUGA: 4 Cara Mencegah Penyakit Jantung Sejak Dini, Apa Saja?

    Pasalnya, kelebihan kadar gula darah yang dialami oleh remaja atau anak berusia muda ini berasal dari mengkonsumsi makanan manis yang berlebihan. Trend makanan unik dan apik yang dipasarkan sebagai makanan kekinian mampu menarik perhatian remaja tanpa memikirkan pengaruhnya terhadap kondisi kesehatan.

    2. Leukemia

    Leukemia menjadi salah satu penyakit mematikan pada remaja. Penyakit ganas akibat tumbuhnya produksi sel darah putih secara abnormal ini seringkali dialami oleh para remaja yang berusia 15 tahun hingga 19 tahun. Meski demikian, pertumbuhan jenis kanker darah ini juga ada yang sudah mulai berkembang ketika anak baru lahir.

    Berbeda dari sel darah putih normal, sel leukemia berupa sel darah putih ini akan terus hidup namun tidak membantu tubuh untuk melawan infeksi. Penyakit mematikan ini bahkan tidak menimbulkan tanda-tanda tertentu hingga sel kanker sudah mulai banyak dan menyerang kondisi sel tubuh. Tak ayal jika penyakit ini seringkali menimbulkan berbagai ciri yang berbeda.

    3. Lupus

    Selanjutnya, lupus atau penyakit autoimun juga dapat menjadi penyakit mematikan pada remaja. Penyakit yang menyebabkan peradangan ini dapat terjadi di berbagai organ tubuh mulai dari kulit hingga otak. Pasalnya, gangguan autoimun akibat penyakit lupus terjadi karena kondisi tubuh tidak bisa membedakan sel sehat dan kuman pembawa infeksi.

    Penyakit lupus umumnya sangat rentan dialami oleh wanita dengan usia 15 hingga 45 tahun. Meski demikian, remaja yang berusia sekitar 15 tahun termasuk golongan yang paling rentan berisiko mengidap penyakit lupus. Children’s Hospital of Philadelphia dalam hallosehat.com bahkan menyebutkan terdapat sekitar 25.000 anak-anak dan remaja mengidap penyakit ini.

    4. Kanker Tiroid

    Jenis penyakit berbahaya yang dapat menyerang remaja adalah kanker tiroid. Sebagaimana namanya, kanker tiroid merupakan pertumbuhan sel kanker yang menyerang kelenjar tiroid. Umumnya, jenis penyakit ini sangat berisiko menyerang anak yang terkena penyakit gondok. Penderita penyakit ini bahkan seringkali tidak merasakan gejala apapun pada tahap awal.

    Meski demikian, penyakit mematikan pada remaja ini menyebabkan benjolan di bagian depan leher dan tidak mudah digerakkan. Dalam kondisi stadium lanjut, kanker tiroid biasanya ditandai dengan suara serak, sakit tenggorokan, batuk, nyeri di leher, sulit menelan, pembengkakan kelenjar getah bening, hingga sulit bernafas.

    5. Kanker Otak

    Tak Boleh Disepelekan! Berikut Daftar Penyakit Mematikan Pada Remaja

    Selain itu, kanker otak juga menjadi salah satu penyakit berbahaya yang dapat menyerang remaja. Pertumbuhan sel abnormal yang sangat ganas dapat menyebar ke bagian organ tubuh lain. Bahkan, penyakit yang satu ini dapat timbul kembali meskipun sudah diangkat melalui tindakan operasi.

    Tak hanya usia dewasa hingga tua, penyakit berbahaya juga dapat menyerang setiap anak yang masih berusia remaja. Penyakit kronis yang dapat berdampak kematian ini umumnya dipengaruhi oleh kondisi genetic atau keturunan. Meski demikian, gaya hidup yang kurang sehat seperti makan makanan yang kurang bernutrisi, kurang gerak hingga merokok bisa menjadi penyebabnya.

    (Antik Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img