spot_img
Senin 26 Februari 2024
spot_img
More

    4 Cara Mencegah Penyakit Jantung Sejak Dini, Apa Saja?

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Penyakit jantung menjadi salah satu jenis penyakit yang sangat berbahaya di dunia. Pasalnya, jenis penyakit ini tak hanya mengintai usia tua. Anda yang masih tergolong muda dengan gaya hidup yang tidak sehat dan riwayat keluarga penderita penyakit jantung memiliki risiko yang tinggi. Untuk mengatasi risiko ini, simak cara mencegah penyakit jantung berikut.

    Tips Mencegah Penyakit Jantung

    1. Menjaga Kadar Kolesterol

    Anda mungkin sering mengira bahwa penyakit kolesterol hanya diidap oleh usia dewasa hingga usia tua. Sayangnya, kebiasaan makan makanan yang mengandung lemak jenuh sangat berisiko terkena penyakit jantung. Hal ini karena penyakit jantung koroner dapat terjadi akibat penimbunan lemak yang terdapat dalam arteri jantung.

    BACA JUGA: Sering Disepelekan, 4 Penyebab Sakit Mata yang Patut Diwaspadai

    Suplai darah yang seharusnya dipompa dan diedarkan ke seluruh tubuh menjadi terhambat dan menggumpal akibat penimbunan lemak. Maka dari itu, sudah selayaknya anda perlu menjaga kadar kolesterol sejak ini. Memperhatikan nilai kolesterol dengan melakukan medical check up dan menjaga porsi makanan yang berlemak sangat diperlukan.

    2. Mengendalikan Kadar Gula Darah

    Dewasa ini, makanan cepat saji yang dihidangkan secara lezat seringkali membuat anda lupa terhadap kondisi kesehatan. Minuman dan makanan manis yang sedang hits seakan memberikan stimulus diri agar cepat menyantapnya. Sayangnya, mengkonsumsi makanan dan minuman manis secara berlebihan sangat berisiko terkena penyakit jantung.

    Untuk itu, cara mencegah penyakit jantung dapat dilakukan dengan mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh. Kondisi gula darah tinggi seringkali dihubungkan dengan penyakit jantung. Hal ini karena kadar gula yang terlalu tinggi dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah. Maka dari itu, jangan lupa selalu mengontrol kadar gula darah anda.

    3. Mengkonsumsi Makanan Sehat

    Dibandingkan dengan mengikuti trend makanan terkini, alangkah baiknya jika anda memilih makanan yang sehat untuk dikonsumsi dalam sehari-hari. Anda bisa memilih makanan sehat berupa sayuran dan buah karena sangat kaya akan nutrisi. Jika mengutip detikhealth.com, makanan nabati seperti sayuran dan buah banyak mengandung zat untuk mencegah penyakit kardiovaskular.

    Mengkonsumsi makanan sehat nabati dapat membantu anda untuk mengurangi asupan makanan yang berkalori tinggi. Meski demikian, menyeimbangkan setiap makanan yang dikonsumsi untuk mendapatkan nutrisi kompleks menjadi cara mencegah penyakit jantung sejak dini. Misalnya saja menyeimbangkan makanan nasi, ikan, sayur, buah, dan biji-bijian.

    4. Olahraga Secara Teratur

    Lebih dari itu, olahraga adalah salah satu aktivitas yang tidak boleh dilewatkan untuk menjaga kesehatan. Olahraga sangat bermanfaatkan untuk menjaga metabolisme tubuh dengan membentuk kebugaran. Menariknya, aktivitas yang dilakukan dengan menggerakkan anggota tubuh ini dapat meningkatkan ketahanan organ paru dan jantung.

    Maka dari itu, luangkanlah waktu sekejap untuk melakukan aktivitas olahraga setiap harinya. Kegiatan olahraga dapat dilakukan kapanpun di sela-sela kesibukan anda. American Heart Association menyatakan bahwa anda bisa mendapatkan manfaat kegiatan olahraga ketika melakukannya secara konsisten.

    5. Mengelola Stres Dengan Baik

    Cara Mencegah Penyakit Jantung Sejak Dini, Apa Saja?

    Merawat kondisi fisik saja nyatanya tidak cukup. Cara mencegah penyakit jantung perlu diimbangi dengan menjaga kesehatan mental. Meski tidak menjadi salah satu faktor utama, stres nyatanya dapat memicu serangan jantung. Tidak ada salahnya anda mulai mengelola stres dengan baik dan lakukan kegiatan relaksasi seperti meditasi, yoga maupun rekreasi.

    Pada dasarnya, penyakit berbahaya akan menempel pada tubuh karena gaya hidup yang kurang sehat. Terlebih lagi kehidupan modern seringkali memaksa anda untuk terus terlihat keren dan tidak mau kalah dengan yang lainnya. Maka dari itu, tak ada salahnya jika anda lebih disiplin memperhatikan kesehatan diri daripada harus memenuhi ekspektasi dunia.

    Berita Terbaru

    spot_img