spot_img
Sabtu 27 April 2024
spot_img
More

    Cuaca Dingin dan Hujan Selimuti Kota Bandung, Ini Kata BMKG

    BANDUNG,FokusJabar.id: Suhu udara minimum di Kota Bandung dalam lima hari terakhir sekitar 18.2 derajat celcius, Prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bandung, Iid Mujtahidin menyatakan kondisi tersebut terbilang normal.

    “Namun, pada musim kemarau yang berlangsung Mei hingga Juni saat ini masih diikuti terjadi hujan. Saat ini terpantau suhu udara minimum absolut di Kota Bandung berdasarkan pantauan alat pengukur suhu udara di Stasiun Geofisika Bandung dalam kurun waktu lima hari terakhir adalah 18,2 derajat celcius masih relatif normal,” kata Iid saat dihubungi, Rabu (23/6/2021).

    Iid menjelaskan, pada 2021 ini. Musim kemarau di Bandung Raya yang terjadi Mei hingga Juni masih disertai dengan pembentukan awan-awan hujan. Salah satunya faktor regional, yaitu kecenderungan suhu permukaan laut di sekitar perairan Jawa Barat relatif hangat sehingga berpotensi membentuk awan-awan hujan.

    BACA JUGA: BMKG Kota Bandung Minta Masyarakat Waspada di Musim Pancaroba

    Selain itu, kelembapan di ketinggian menengah cenderung basah dan menyebabkan masih terdapat potensi hujan. Sehingga kondisi cuaca akan terasa sedikit dingin.

    “Karakteristik suhu udara selama periode musim kemarau relatif lebih dingin, dibandingkan pada periode musim hujan karena dipengaruhi kondisi suhu di wilayah Benua Australia yang mengalami musim dingin. Dan pada 27 hingga 28 Juni, diprediksi suhu udara sedikit terjadi penurunan di wilayah Australia bagian Utara,” kata dia.

    (Yusuf Mugni/Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img