spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    BMKG Kota Bandung Minta Masyarakat Waspada di Musim Pancaroba

    BANDUNG,FOKUSJabar.co.id: Koordinator Data dan Informasi BMKG Bandung Rasmid mengingatkan, masyarakat agar mewaspadai hujan deras dan es, angin puting beliung serta petir di musim pancaroba.

    “Peralihan musim diperkirakan akan berlangsung di April hingga Mei. Sekarang di bulan April masa peralihan musim penghujan ke kemarau, atau masa pancaroba transisi akan berlangsung April-Mei,” kata Rasmid di Taman Sejah Jalan Aceh Kota Bandung Jabar Selasa (20/4/2021).

    Menurutnya, fenomena yang sering terjadi pada masa pancaroba adalah hujan deras dengan durasi singkat, muncul puting beliung, petir dan hujan es. Bahkan musim penghujan menimbulkan cuaca ekstrem.

    BACA JUGA: Lelang Kolam Retensi Bima Bandung Segera Digulirkan

    “Curah hujan tahun ini ekstrim sehingga terjadi bencana. Fenomena La Nina masih terjadi hingga Mei, namun dengan intensitas yang menurun dan cenderung menuju titik normal,” kata dia.

    Rasmid menambahkan, puncak musim kemarau akan terjadi pada Agustus mendatang di seluruh wilayah Jawa Barat dengan tingkat kekeringan yang berbeda ditiap wilayah. Dia kembali mengingatkan masyarakat selalu waspada.

    “Juni sudah masuk musim kemarau puncaknya bulan agustis,” katanya.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img