spot_img
Selasa 22 Juni 2021
spot_img
spot_img

4 Cara Atasi Sakit Pinggang yang Aman dan Bisa Dilakukan di Rumah

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Sakit pinggang adalah salah satu jenis penyakit yang kerap kali dialami oleh sebagian orang. Terkadang penyakit ini dapat hilang dan sembuh dengan sendirinya. Namun, apabila anda sedang mengalaminya, tak ada salahnya untuk mencoba cara mengatasinya yang aman dan bisa anda lakukan di rumah. Berikut simak ulasan selengkapnya.

Beberapa Cara Yang Bisa Anda Lakukan: 

1. Mengurangi Untuk Berbaring di Tempat Tidur

Ketika anda sedang menderita, sebaiknya menghindari untuk terlalu sering berbaring di tempat tidur. Hal ini dikarenakan cara tersebut bukan menjadi cara yang tepat untuk obati sakit pinggang. Oleh karena itu, anda sebaiknya tetap bergerak sehingga otot otot tidak kaku. Akan tetapi, apabila sakit pinggang terasa sangat sakit, anda pun bisa berbaring beberapa saat.

2. Kombinasi Kompres dingan dan Kantong Pemanas

Hal lain yang bisa anda coba adalah dengan mengompres menggunakan kompres dingin dan kantong pemanas. Hal ini dapat menjadi salah satu alternatif yang bisa anda lakukan unutk mengurangi rasa sakit dan juga peradangan yang kerap kali terjadi pada sakit pinggang. Untuk caranya sendiri adalah selama 48 jam anda bisa menaruh kompresan dingin pada pinggang.
Setelah itu, barulah letakkan kantong pemanas di pinggang. Cara atasi sakit pinggang ini dapat berfungsi untuk meningkatkan peredaran darah melemaskan otot dan juga meredakan rasa sakit dari pinggang tersebut. Akan tetapi, gunakan kantong pemanas ini dalam waktu seminggu saja.

3. Memperbanyak Aktivitas Fisik

Kegiatan selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk mengatasi rasa sakit pada pinggang adalah dengan memperbanyak melakukan kegiatan fisik. Hal ini dikarenakan dengan melakukan olahraga akan menjadi salah satu terapi yang mampu membuat otot menjadi lebih lentur. Selain itu, cara ini juga akan mengurangi untuk terkena resiko cedera.

BACA JUGA: 4 Penyebab Sakit Pinggang yang Harus Anda Ketahui

Ada beberapa jenis olahraga yang bisa untuk anda lakukan. Diantaranya seperti aerobik, hingga melakukan aktivitas berupa kekuatan. Lebih baik, anda bisa memfokuskan jenis olahraga tersebut pada bagian perut dan juga punggung. Sebab, kedua bagian tersebut berfungsi untuk menopang tulang belakang di bagian bawah.

Tidak hanya olahraga aerobik saja, berenang juga menjadi salah satu cara atasi sakit pinggang. Sebab, olahraga ini menjadi aktivitas fisik yang terbilang cukup efktif untuk mengatasi sakit pinggang. Dengan berenang, aktivitas ini tergolong sebagai olahraga fisik dengan dampak yang minim atau dikenal dengan istilah low impact exercise.

Bahkan jika anda lebih menyukai olahraga dengan tenang, anda bisa mencoba untuk melakukan yoga. Hal ini dikarenakan dengan yoga, terbukti dapat menjadi salah satu obat untuk sakit pinggang yang kronis. Hal ini diungkapkan pada halaman McMaster University yang berada di Kanada.

4. Menurunkan Berat Badan

4 Cara Atasi Sakit Pinggang Yang Aman dan Bisa Dilakukan di Rumah

Sering kali berat badan yang berlebih dapat menjadi salah satu hal yang membuat pinggang menjadi sakit. Sebab, kondisi tersebut mampu memberikan tekanan yang lebih pada tulang bagian belakang. Oleh karena itu, cara atasi sakit pinggang adalah dengan berdiet atau menurunkan berat badan. Lakukan diet sehat dan olahraga teratur agar memiliki berat badan yang ideal.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi rasa sakit pinggang. Penyakit satu ini tentu saja akan sangat mengganggu dan dapat menghambat aktivitas harian anda. Apabila sakit pinggang yang anda rasakan terus berlanjut, ada baiknya anda menghubungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut dan bisa sembuh seperti sedia kala.

(Antik Asmara)

Artikel Lainnya

spot_img