spot_img
Minggu 28 April 2024
spot_img
More

    7 Tips Menjaga Metabolisme Tubuh Tetap Kuat di Musim Pancaroba

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Ketika musim pancaroba memang tekanan udara dan temperatur sering berubah-ubah. Di musim seperti ini virus dan bakteri berkembang lebih cepat. Tak heran bila daya tahan tubuh seseorang lemah akan mudah terserang sakit.

    Alhasil menghambat beberapa pekerjaan yang harusnya selesai setelah dateline. Berikut ada beberapa tips menjaga metabolisme tubuh.

    Jaga Daya Tahan Tubuh Agar Kebal Virus

    1. Rajin Minum Air Putih

    Tubuh yang kekurangan cairan menyebabkan rentan mengalami dehidrasi. Dampaknya virus menjadi lebih mudah masuk ke dalam tubuh. Hal ini karena air putih dapat membakar lebih banyak kalori. Selain itu air putih dapat menaikkan metabolisme tubuh. Setidaknya minum air putih2,5 liter per hari. Ada baiknya minum sebelum makan, agar lebih mudah mengotrol porsi makan.

    2. Rutin Cuci Tangan

    Cuci tangan mungkin terdengar sepele padahal manfaatnya baik untuk tubuh. Apalagi tangan merupakan media penyebaran virus dan bakteri paling rentan. Oleh karenanya, sejauh mana anda pergi biasakan rajin cuci tangan. Terutama setelah aktivitas dari luar rumah, sebelum makan, setelah makan, ataupun sehabis dari toilet.

    3. Konsumsi Makanan Bergizi

    Salah satu tips menjaga metabolisme tubuh ialah mengatur gizi seimbang. Usahakan makanan yang masuk kaya serat dan zat baik lainnya. Karena tubuh yang kurang gizi akan lebih rentang terserang penyakit menular. Perbanyak makan sayur dan buah yang dipercaya mengandung vitamin dan antioksidan. Batasi makanan cepat saji yang kemungkinan cara olahnya kurang bersih.

    BACA JUGA: Komisi 1 Desak TAPD Garut Naikkan Insentif Guru Honorer

    Disarankan menambah asupan protein untuk meningkatkan imunitas tubuh. Sebab saat musim pancaroba kesehatan fisik cenderung turun, dan tubuh memerlukan banyak energi guna mengolah protein menjadi asam amino. Jika kadar protein tinggi maka kalori yang terbakar cukup banyak. Sehingga mampu menekan nafsu makan dan mejaga berat badan tetap ideal.

    4. Luangkan Waktu Olahraga

    Kalau menuruti jadwal sibuk sehari-hari pastinya tidak sempat waktu olahraga. Padahal olah fisik termasuk salah satu tips menjaga metabolisme tubuh. Aktivitas ini akan mengurangi peradangan dan mendukung sel-sel untuk melawan infeksi. Durasinya tidak perlu terlalu lama, sehari setidaknya 45 menit. Jenis olahraganya pun cukup jalan-jalan kecil ataupun jogging.

    5. Waktu Tidur Cukup

    Kebiasaan begadang memang sangat buruk untuk kesehatan tubuh. Butuh satu malam saja kekebalan tubuh turun 70 persen bila waktu tidur kurang. Maka disarankan untuk tidur selama 7-9 jam per hari. Selama tidur tubuh akan melakukan relaksasi, seluruh saraf-saraf penting diperbaiki, dan sistem imun tubuh menguat.

    6. Atur Manajemen Stres

    7 Tips Menjaga Metabolisme Tubuh Tetap Kuat di Musim Pancaroba

    Sebenarnya hampir semua penyakit dasarnya dari pengelolaan stres yang buruk. Semakin tertekan maka daya tahan tubuh menurun. Sehingga virus mudah menyerang kapanpun ketika kondisi tubuh lemah. Maka tips menjaga metabolisme tubuh ialah melakukan meditasi, yoga, menonton, atau mendengarkan musik bisa jadi agenda mengelola stres.

    7. Jaga Kebersihan Rumah

    Untuk memperkuat imun tubuh, pastikan lingkungan sekitar turut mendukung. Buang sampah ke tempatnya, menutup penampungan air, serta hindari tumpukan kertas tak terpakai. Sebab hewan-hewan pembawa virus dan bakteri suka tempat-tempat kotor. Hal ini tentu saja memicu tubuh terserang penyakit. Selain itu, rumah bersih dan rapi jauh lebih enak dipandang.

    Tubuh yang sehat memang mahal harganya, karena anda bisa bebas beraktivitas berguna apapun. Maka ketika menjelang musim pancaroba, setidaknya mulai bersiap menjaga daya tahan tubuh. Mulai dari atur pola makan, jangan bergadang, rajin olahraga, hingga perbanyak makan buah dan sayur. Sehingga darimana pun virus berasal tubuh tetap kebal penyakit.

    (Antik Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img