spot_img
Senin 24 Juni 2024
spot_img
More

    6 Persiapan Sebelum Vaksin yang Harus Diperhatikan

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Vaksinasi Covid 19 hingga saat ini masih berjalan di beberapa kota di Indonesia. Harapannya tentu bisa membentuk kelompok dengan kekebalan yang baik dan juga menekan risiko kematian.

    Walaupun keberhasilan vaksin ditentukan berdasarkan sistem imun tubuh, anda tetap bisa mengupayakan beberapa persiapan.

    Persiapan Yang Bisa Dilakukan: 

    1. Mengobati Alergi

    Sebelum anda mendapatkan vaksin, tentu ada beberapa hal yang harus dites terlebih dahulu. Salah satunya alergi. Reaksi alergi sangat mungkin terjadi dan beberapa sudah dilaporkan setelah vaksin.

    Untuk itu anda yang memiliki alergi terhadap komposisi vaksin maupun obat, ada baiknya untuk mengobatinya lebih dahulu.

    BACA JUGA: Bupati Ciamis Nyatakan KLB Untuk Keracunan Massal di Banjaranyar

    Salah satu caranya bisa dengan mengkonsumsi antihistamin. Anda tidak dianjurkan berhenti mengkonsumsinya sebelum vaksinasi. Walaupun obat alergi tidak sepenuhnya efektif, namun bisa sebagai langkah untuk mengurangi.

    Bagi anda yang akan mendapatkan vaksinasi kedua, ada baiknya konsultasikan dulu jika vaksinasi pertama efeknya cukup parah.

    2. Tidur Cukup

    Agar tubuh anda dalam kondisi fit, ada baiknya untuk mendapatkan tidur yang cukup sebelumnya. Persiapan sebelum vaksin satu ini sering diabaikan padahal sangat membantu menjaga tubuh tetap sehat. Nanti setelah vaksin, anda juga tetap harus menjaga pola tidur. Mengingat ada beberapa reaksi yang sering dialami seperti nyeri tubuh, demam juga menggigil.

    3. Menghindari Alkohol

    Ketika anda akan menerima, ada baiknya anda untuk menjauhi alkohol lebih dahulu. Hal ini disebabkan dalam beberapa kondisi, alkohol bisa mempercepat reaksi alergi. Selain itu konsumsi alkohol juga mampu mengurangi kinerja. Bahkan dalam beberapa minggu pertama setelah anda melakukan vaksinasi.

    Bukan hanya itu saja, alkohol juga bisa mengganggu kerja imun anda. akibatnya tubuh akan kesulitan dalam melawan infeksi virus yang masuk pada tubuh. apabila nantinya anda mengalami efek samping dari vaksinasi, akan sulit tubuh untuk beradaptasi. Maka alangkah baiknya jika menghindari konsumsi alkohol. 

    4. Mengelola Stres

    Persiapan sebelum selanjutnya yang bisa anda upayakan adalah mengelola stres. Beberapa orang memang tegang ketika akan mendapatkan suntik vaksinasi, terutama ketika pertama kalinya. Tubuh secara tidak langsung juga akan stres yang nantinya berpengaruh pada kinerja imun. Jika berkepanjangan akan meningkatkan kortisol di dalam tubuh.

    5. Tidak Olahraga Berat

    Olahraga memang menjadi kegiatan yang dianjurkan untuk menjaga tubuh agar tetap fit dan sehat. Tetapi olahraga berat 2 jam sebelum maupun sesudah tidak dianjurkan. Hindari juga untuk tidak mandi air panas 2 jam atau sesudahnya. Olahraga dan mandi air panas dinilai menjadi pemicu adanya alergi pada beberapa orang.

    6. Memaksimalkan Imun Tubuh

    6 Persiapan Sebelum Vaksin Yang Harus Diperhatikan

    Menjaga serta memaksimalkan kekebalan tubuh agar tetap optimal juga menjadi persiapan sebelum vaksin. Bagaimana cara memaksimalkan imun tubuh? anda bisa memulainya dengan memperhatikan makanan yang masuk ke dalam tubuh. ada baiknya jika anda banyak mengkonsumsi vitamin juga mineral untuk memperkuatkan imun tubuh.

    Selain itu, anda juga bisa dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Karena hal ini mampu untuk mempengaruhi efektivitas pada tubuh. Walaupun sejauh ini belum ada data ilmiah, konsumsi makanan yang bergizi akan mampu mencegah adanya reaksi alergi terhadap vaksin.

    Itulah beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum anda menerima vaksin. Hal ini berlaku untuk anda yang akan mendapatkan suntikan pertama maupun tahapan selanjutnya. Pastikan tubuh anda dalam kondisi yang bugar agar hasilnya efektif. Tidak perlu takut atau ragu untuk konsultasi dengan dokter jika ada kondisi tertentu yang mengganggu.

    (Antik Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img