spot_img
Senin 26 Februari 2024
spot_img
More

    Ini Dia 5 Penyebab Telinga Tersumbat

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Telinga tersumbat pastinya menjadi salah satu kondisi yang membuat siapa saja menjadi tidak nyaman. Hal ini dikarenakan akan mampu mengganggu aktivitas bahkan bisa menyebabkan telinga menjadi berdengung dan juga gangguan keseimbangan. Lantas apa yang menjadi penyebab telinga tersumbat? Simak ulasannya berikut ini.

    5 Hal Yang Menyebabkan Telinga Tersumbat

    1. Kemasukan Air

    Hal pertama yang bisa menjadi penyebab telinga mengalami penyumbatan adalah kemasukan air. Telinga yang kemasukan air umumnya tidak harus membutuhkan obat khusus. Sebab, kondisi ini akan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari atau hitungan jam saja.

    telinga tersumbat fokusjabar.id
    Ilustrasi (foto web)

    BACA JUGA: Puluhan Pegawai Puskesmas Rancah Positif Covid-19

    Namun anda pun perlu untuk menjaga agar kondisi telinga menjadi tetap kering. Usahakan untuk tidak berenang ataupun menyelam. Anda juga bisa menghindari sementara penggunaan headset atau ear plug ketika mendengarkan musik. Selain itu, apabila telinga terasa nyeri, maka anda pun bisa mengonsumsi paracetamol untuk meredakannya.

    2. Menderita Flu

    Penyebab telinga tersumbat yang lain adalah flu. Ketika anda sedang menderita penyakit ini, hal tersebut ternyata mampu menimbulkan penumpukan cairan dan lendir. Sehingga telinga pun akan mengalami tekanan dan lendir yang berlebihan tersebut akan mampu menyumbat tabung eustachius yang menjadi penghubung antara tenggorokan dan telinga tengah.

    Biasanya pada penderita flu, cairan ataupun lendir terjebak di dalam telinga tengah sehingga akan mengalami penyumbatan. Namun, ketika nantinya peradangan yang terjadi akibat flu mereda, tentu saja sumbatan yang terjadi pada telinga pun akan juga ikut mereda. Namun tentu saja hal ini akan membuat anda menjadi kurang nyaman selama beberapa saat.

    3. Berada di Dataran Tinggi

    Ketika anda berada di tempat tertentu seperti berada di dataran tinggi maupun pesawat, terkadang telinga akan mengalami penyumbatan. Kondisi tersebut terjadi karena adanya perubahan tekanan pada lingkungan yang terjadi dalam kurun waktu yang cepat. Perbedaan tekanan tersebut akan membuat tubuh menjadi beradaptasi.

    Tak Hanya Penumpukan Kotoran, Kenali 5 Penyebab Telinga Tersumbat

    Sehingga gendang telinga dan tuba eustachius akan membantu untuk menyamarkan tekanan yang terjadi di lur tersebut dengan menggunakan telinga luar dan telinga tengah. Adanya penyesuain ini akan mengakibatkan bagian tuba eustachius tertutup sehingga anda pun merasa bahwa telinga mengalami penyumbatan.

    4. Penumpukan yang Terjadi Pada Kotoran Telinga

    Hal yang yang menjadi penyebab telinga tersumbat adalah kotoran yang menumpuk. Serumen atau kotoran telinga ini biasanya akan memiliki bentuk dari lilin. Dimana memiliki fungsi untuk membantu melindungi telinga tersebut dari adanya infeksi. Ketika anda melakukan kegiatan seperti menguap, berbicara hingga mengunyah, maka lilin tersebut akan mengalami perpindahan dari bagian dalam ke bagian luar.

    Sehingga nantinya hal ini dapat membuat lilin tersebut menjadi lebih kering dan terkelupas. Seiring dengan berjalannya waktu, adanya penumpukan yang terdapat pada telinga tersebut akan membuat telinga menjadi tersumbat. Untuk itu, anda pun bisa meneteskan obat telinga untuk melunakkan kotoran tersebut.

    5. Terlalu Sering Mendengarkan Suara yang Sangat Keras

    Penyebab telinga tersumbat yang lain adalah karena mendengarkan suara yang keras. Biasanya hal ini dapat terjadi ketika anda terlalu sering untuk mendengarkan suara yang keras melalui earphone hingga suara bising yang terjadi di pabrik. Hal hal tersebut nyatanya mampu membuat telinga mengalami penyumbatan.

    Itulah beberapa hal yang bisa menjadi penyebab telinga mengalami penyumbatan. Ketika telinga tersumbat, maka hal ini tentu saja akan membuat penderitanya menjadi tidak nyaman. Oleh sebab itu, anda perlu menghindari beberapa hal yang bisa menyebabkan telinga tersumbat. Apabila kondisi ini semakin parah, anda sebaiknya membawanya ke dokter atau rumah sakit terdekat.

    (Antik Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img