spot_img
Kamis 29 Februari 2024
spot_img
More

    4 Cara Atasi Perut Kembung

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Perut kembung adalah salah satu kondisi kesehatan yang membuat penderitanya menjadi tidak nyaman. Umumnya kondisi satu ini kerap kali terjadi setelah anda makan dan merasa perut seperti penuh dalam waktu yang cukup lama.

    Apabila anda mengalami hal demikian, berikut beberapa cara atasi perut kembung secara alami yang bisa anda coba.

    Tips Mengatasi Perut Kembung yang Bisa Anda Coba

    1. Melakukan Kardio

    Buat Tubuh Tidak Nyaman, Yuk Intip 4 Cara Atasi Perut Kembung

    Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasi perut yang kembung adalah dengan melakukan kardio selama kurang lebih 5 menit. Cara satu ini dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi rasa kembung pada perut. Sebab, dengan berolahraga kardio ternyata memiliki kemampuan untuk meningkatkan pernapasan maupun detak jantung.

    BACA JUGA: 10 Ribu Lansia dan Mitra Gojek di Kota Bandung Ikuti Vaksinasi Covid-19

    Tak hanya itu saja, olahraga satu ini juga mampu untuk merangsang pada bagian saraf dan otot, agar nantinya mampu bekerja dengan lebih optimal. Hal ini dikarenakan dengan melakukan olahraga kardio akan mampu untuk merangsang usus agar nantinya bisa berkontraksi secara alami.

    Ketika usus mampu terangsang secara alami dan otot pada usus berkontraksi secara efisien, maka hal tersebut akan memicu dan memperlancar proses pengeluaran makanan di dalam usus. Dengan begitu, gas yang menyebabkan perut menjadi kembung bisa keluar. Cara atasi perut kembung satu ini bisa anda coba di rumah, karena sangat mudah dan bisa anda lakukan.

    2. Mengonsumsi Kunyit

    Cara lain yang bisa anda lakukan untuk mengatasi perut yang kembung adalah dengan mengonsumsi kunyit. Disini, anda bisa minum sari kunyit ataupun mencampurkan bahan dapur satu ini ke dalam makanan yang hendak anda konsumsi. Pasalnya, terdapat banyak manfaat baik yang terkandung di dalam kunyit.

    Diantaranya adalah mampu untuk mengatasi berbagai masalah yang terjadi pada pencernaan. Sebut saja seperti perut mulas hingga kembung dan juga mengatasi sakit perut. Hal ini dikarenakan kunyit dirasa mampu untuk memberi efek tenang pada pencernaan. Tak hanya itu saja, dengan mengonsumsi kunyit akan membantu untuk mengeluarkan gas yang terjebak di dalam perut.

    3. Meminum Air Jahe

    Cara atasi perut kembung selanjutnya adalah dengan mengonsumsi air jahe. Jahe memang dikenal sebagai bumbu dapur yang memiliki khasiat untuk mengatasi perut yang kembung maupun gejala maag. Hal ini disebabkan, pada jahe terdapat kandungan yang berfungsi untuk menurunkan kadar gas yang ada di dalam perut.

    Tidak hanya itu saja, ketika anda mengonsumsi jahe nantinya juga akan memberikan efek hangat dan juga lega di dalam perut. Anda bisa mengonsumsi jahe secara langsung yakni dengan dikunyah maupun menggepreknya dan menyeduh menggunakan air hangat atau teh.

    4. Mengonsumsi Probiotik

    Ada pula hal lain yang bisa anda lakukan ketika perut terasa kembung. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi suplemen yang mengandung probiotik. Suplemen satu ini mengandung bakteri baik yang akan membantu untuk memecah makanan di dalam pencernaan.

    Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi suplemen probiotik akan mampu mengurangi produksi gas yang ada di dalam perut kembung. Oleh karena itu, cara atasi perut kembung satu ini bisa anda coba di rumah dengan mengonsumsi suplemen yang mengandung probiotik di dalamnya.

    Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi perut kembung. Ketika perut terasa kembung atau terasa seperti terdapat gas di dalam tubuh, hal ini tentu saja akan membuat siapa saja menjadi tidak nyaman. Oleh karena itu, dengan cara cara tersebut bertujuan untuk meminimalisir rasa yang tidak enak di dalam perut tersebut.

    (Anthik Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img