spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    AS Geram pada Komentar Erdogan soal Yahudi, Sebut Anti-Semit

    AMERIKA SERIKAT,FOKUSJabar.id: Pemerintah Amerika Serikat (AS) geram terhadap pernyataan terbaru Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan terhadap warga Yahudi.

    Juru bicara Kementerian Luar Negeri AS, Ned Price mengatakan pernyataan Erdogan tersebut menggambarkan sikap anti-Semit.

    “Kami mendesak Presiden Erdogan dan pemimpin Turki lainnya untuk menahan komentar-komentar yang menghasut, dan dapat memicu kekerasan lebih lanjut,” kata Price, Selasa (18/5/2021) waktu setempat.

    “Bahasa anti-Semit seperti itu tidak bisa diterima di mana pun,” kata dia, seperti dilansir CNN.

    BACA JUGA: Dorong Anak Perempuan Turki Jadi Martir, Erdogan Dikecam

    Namun, Price tidak merinci ucapan Erdogan mana yang dianggap sarat sentimen anti-Semit. Kemlu AS pun tidak segera menanggapi permintaan klarifikasi pernyataan Price.

    Erdogan memang menjadi salah satu pemimpin negara mayoritas Muslim yang vokal mengkritik Israel, terutama ketika pertempuran kembali meletus di jalur gaza.

    Erdogan bahkan menyebut Israel sebagai “negara teror” dalam menyikapi sikap aparat Israel yang menembakkan peluru karet ke warga Palestina di Yerusalem.

    Dalam pidato di televisi nasional pada Senin, Erdogan juga menyindir negara Barat yang dinilainya hanya duduk manis tak bisa berbuat apa-apa menahan Israel yang terus menggempur Gaza.

    Erdogan bahkan mengatakan tangan Presiden Amerika Serikat Joe Biden “penuh darah” karena mendukung Israel dengan baru-baru ini menyetujui penjualan senjata ke negara Zionis tersebut.

    “Anda (Biden) sedang menulis sejarah dengan tangan berdarah. Hari ini kami melihat tanda tangan Biden pada penjualan senjata ke Israel,” kata Erdogan.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img