spot_img
Sabtu 27 April 2024
spot_img
More

    Disparbud Jabar Berkomitmen Tekan Penyebaran Covid-19 di Tempat Wisata

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat (Disparbud Jabar) terus melakukan pemantauan ke seluruh kabupaten/kota di Jabar demi u menekan angka penyebaran Covid-19.

    Disparbud Jabar pun melakukan koordinasi intens dengan berbagai pihak termasuk dengan Pemerintah Kabupaten/Kota untuk terus menekan angka Covid-19 di destinasi wisata disaat liburan Idul Fitri 1442 H.

    Hal itu dilakukan Disparbud Jabar untuk mengantisipasi membludaknya pengunjung di tempat wisata, salah satunya dengan melakukan penutupan tempat wisata di Pantai Batukaras Kabupaten Pangandaran dan Wilayah Pacira di Kabupaten Bandung, Pantai Santolo dan Rancabuaya Kabupaten Garut serta Objek Wisata Palabuanratu dan Geopark Ciletuh di Kabupaten Sukabumi.

    Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Dedi Taufik, mengatakan penutupan tempat wisata bisa kembali dibuka untuk masyarakat asalkan mematuhi penuh peraturan yang telah dibuat oleh pemerintah.

    BACA JUGA: Pengunjung Membeludak, Kondisi Kebun Binatang Bandung Masih Terkendali

    “Yang penting prokes dan kapasitas (pengunjung) harus dijaga. Jangan sampai ada pergeseran dari zona kuning ke zona merah,” ujar Dedi, Minggu (16/05/2021).

    Dedi menyatakan untuk menekan jumlah angka penyebaran Covid-19 di tempat wisata maka pengetatan protokol kesehatan, penghitungan kapasitas pengunjung makaimal 50% dan pelaksanaan rapid tes antigen menjadi keharusan.

    “Tadi diarahkan Pak Bupati, apabila ada yang melanggarnya (prokes) itu akan langsung ditutup. Jangan sampai kita mengabaikan yang terkait prokes” kata Dedi.

    Terkait beberapa tempat wisata di Kabupaten Bandung yang saat ini telah dilakukan penutupan, akan dilakukan evaluasi dan koordinasi melalui Disparbud Jabar, Disparbud Kabupaten Bandung, Dinas Kesehatan dan beberapa instansi terkait.

    “Jangan sampai ada cluster baru di tempat wisata. Kita akan melakukan early warning dengan mengadakan test antigen di tempat wisata. Salah satunya di Kawah Putih. Itu langkah awal, untuk lakukan 3T yaitu Testing, Tracing dan Treatment. Itu yang kami lakukan dari gugus tugas provinsi maupun kabupaten,” tuturnya.

    Sementara itu, jika masih ada tempat wisata di Jawa Barat yang masih abai terhadap prokes, pihaknya akan tak segan melakukan sanksi tegas. Namun, pemberian sanksi harus melalui prosedur dan tahapan.

    “Pertama ada sidak, kemudian ada sanksi teguran lisan atau tertulis, kalau tidak diindahkan juga ya pasti akan dilakukan penutupan. Ini semua untuk memerangi Covid-19,” jelas Dedi.

    Sementara itu hari ini Senin, (16/05) secara serentak dilakukan monev ke kabupaten/kota di jawa barat oleh Tim disparbud jabar termasuk beberapa lokasi dilakukan rapid tes antigen dan pemasangan masstracing QR Code di Trans snow World Kota Bekasi, Jembatan Cinta Tarumajaya Kabupaten Bekasi, Alam Wisata Kota Cimahi, Bandung Zoological Garden KoTa Bandung, Pantai Santolo & Situ Cangkuang Kabupaten Garut, Pemandian Air panas Cikundul Kota Sukabumi, Situ Cipanten Kab Majalengka, Situ Mustika Kota Banjar, Waduk Darma Kabupaten Kuningan serta mendampingi Wakil Gubernur Jabar yang melakukan sidak ke Pantai Batukaras Kabupaten Pangandaran.

     

    (Agung)

     

    Berita Terbaru

    spot_img