spot_img
Kamis 2 Mei 2024
spot_img
More

    Sistem Pendataan Penduduk Kurang Mutakhir, Ini Kata DPR RI

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Anggota DPR RI Agun Gunanjar Sudarsa menyoroti sistem pendataan penduduk yang kurang mutakhir dan mengakibatkan tidak tepatnya penyaluran bantuan sosial kepada sasaran. 

    Menurut dia, sampai kapanpun bantuan sosial tidak akan menyelesaikan masalah kemiskinan jika data yang menjadi dasarnya tidak mutakhir. Akbitanya kesenjangan sosial tetap terjadi. 

    Dia meminta pemerintah segera mengambil langkah untuk menyempurnakan pendataan penduduk dan segera membuat data presisi yang mutakhir sebagai landasan pembangunan. 

    “Bukan hanya untuk menyelesaikan masalah kesenjangan dalam program bantuan kemiskinan. Tetapi juga akan menjadi dasar pembangunan pemerintah,” kata Agun di Ciamis, Sabtu (24/4/2021). 

    BACA JUGA: Pendataan Penerima Bansos Jabar Terus Dilakukan

    Agun menuturkan, data presisi akurasinya bisa sampai 99 persen. Harus dilakukan pendataan secara detail sampai data pekerjaan bahkan  hobi masing-masing penduduk.

    “Teknisnya bisa menggunakan dana desa. Jadi dari mulai desa, akurasi datanya bisa dipertanggungjawabkan. Bersinergi lah dengan dinas kependudukan hingga ke kementrian desa,” kata dia.

    Tidak hanya itu, Agun pun menilai bahwa Undang-undang Statistik harus segera disempurnakan. Sebab akurasi data penduduk akan menjadi acuan dalam perencanaan pembangunan bangsa. 

    (Riza M Irfansyah/LIN )

    Berita Terbaru

    spot_img