spot_img
Minggu 18 April 2021
spot_img
spot_img

Dukung Bandung Duathlon 2021, Yana: Semoga Jadi Even Rutin

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mendukung kegiatan Bandung Duathlon 2021 yang digelar Pengurus Provinsi (Pengprov) Federasi Triathlon Indonesia (FTI) Jawa Barat. Kegiatan akan digelar di Ring Luar Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Gedebage, Kota Bandung, Sabtu (10/4/2021).

Hal tersebut diungkapkan Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana saat menerima audiensi pengurus FTI Jabar dan jajaran kepanitian Bandung Duathlon 2021 di Ruang Wakil Wali Kota Bandung, Balai Kota, Jalan Wastukencana, Kota Bandung, Jabar, Kamis (8/4/2021). Pada audiensi tersebut, Yana didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung Dewi ‘Kenny’ Kaniasari dan Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bandung, Sigit Iskandar.

“Terimakasih telah menjadikan Kota Bandung sebagai tuan rumah gelaran Bandung Duathlon 2021. Kita dari Pemkot Bandung pasti support kegiatan ini,” kata Yana.

BACA JUGA: Meminimalisasi Lakalantas, Dishub Kota Bandung Sosialisasikan Odol

fokusjabar.id Bandung Duathlon 2021
Audiensi FTI Jabar dan panitia Bandung Duathlon 2021 dengan Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana. (FOTO: Ageng)

Meski demikian, Yana mengingatkan jajaran kepanitian terkait penerapan protokol kesehatan. Pasalnya, kondisi pandemi Covid-19 masih belum tuntas ‘menyerang’ Indonesia

“Tolong prokesnya untuk diperhatikan karena yang datang kan bukan hanya dari Kota Bandung atau Jabar saya. Saya cukup yakin jika panitia sudah mempersiapkan itu dan insan-insan olahraga pun sudah cukup paham terkait prokes,” kata dia.

Yana berharap, kegiatan Bandung Duathlon ini bisa menjadi agenda rutin yang digelar FTI Jabar. Tidak hanya mengajak masyarakat berolahraga, tapi juga memperkenalkan Kota Bandung sebagai salah satu destinasi wisata.

“Ini menjadi even pertama dan portofolio Kota Bandung. Semoga ini bisa menjadi even rutin yang digelar, bahkan kalau bisa naik levelnya menjadi internasional,” Yana menegaskan.

Sementara Ketua FTI Jabar, Gunaryo mengatakan, Bandung Duathlon 2021 menjadi even perdana yang digelar kepengurusan FTI Jabar masa bakti 2020-2024. Selain menjadi ajang sosialisasi olahraga triathlon, juga membiasakan masyarakat untuk berolahraga sekaligus mempromosikan Kota Bandung.

“Selain mengajak warga kembali beraktivitas olahraga, kita pun ingin mendorong kunjungan wisatawan ke Kota Bandung melalui kegiatan ini. Sehingga selain kelompok elite, kita pun membuka pendaftaran bagi kelompok TNI-Polri dan umum. Ini adalah event yang kami sebut sport tourism,” kata Gunaryo.

Selain live race yang akan digelar Sabtu (10/4/2021), beberapa rangkaian Bandung Duathlon 2021 pun akan digelar. Yakni Live Coaching yang direncanakan diluncurkan Mei 2021 dan ditutup dengan Virtual Race pada Juni 2021.

“Untuk Virtual race ini terbuka bagi umum dan setiap peserta bisa menentukan rute sendiri yang terpenting di Kota Bandung dan sekitarnya. Peserta wajib membagikan pengalamannya secara langsung di social media dengan latar belakang wilayah kota Bandung,” kata Gunaryo.

Terkait penerapan protokol kesehatan, Ketua Panitia Pelaksana Budi Waliana mengatakan, jika aturan tersebut dengan ketat diterapkan. Bahkan para peserta diwajibkan menyertakan hasil swab test antigen saat melakukan pendaftaran.

“Kita pun akan melakukan swab test sebelum pertandingan dimulai dan peserta dilarang keluar hotel sebelum hasilnya keluar. Termasuk di lokasi race, kita lakukan pembatasan-pembatasan area. Termasuk dari sisi jumlah peserta pun kita batasi,” kata Budi.

BACA JUGA: Bandung Duathlon 2021, Gebrakan FTI Jabar di Masa Pandemi Covid-19

fokusjabar.id Bandung Duathlon 2021
(FOTO: Ageng)

Bandung Duathlon 2021 akan memperlombakan dua kategori lomba. Yakni standard distance dengan jarak lari 10 kilometer, sepeda 40 kilometer dan lari 5 kilometer. Serta Speed Distance dengan jarak lari 5 kilometer, sepeda 20 kilometer, dan lari 2.5 kilometer.

Untuk kategori peserta sendiri dibagi dalam tiga kelompok dengan pembatasan jumlah peserta. Yakni kelompok elite sebanyak 40 peserta, TNI-Polri sebanyak 40 peserta, dan Umum sebanyak 60 peserta.

“Sejak pembukaan pendaftaran dibuka pada Senin (29/3/2021) lalu, sudah 80 orang yang mendaftar melalui link racewoxx.com,” kata Budi

Rencananya, gelaran live race akan mengambil start pada pukul 06.00 WIB. Selain Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana yang didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung Dewi ‘Kenny’ Kaniasari, akan hadir pula Ketua Umum KONI Jabar, Ahmad Saefudin.

(Ageng)

Artikel Lainnya

spot_img