spot_img
Senin 19 April 2021
spot_img
spot_img

Cegah Peredaran Narkoba Pemkot Banjar Bentuk Desa dan Kelurahan Bersinar

BANJAR,FOKUSJabar.id: Pemeritah kota Banjar ciptakan Desa dan Kelurahan Bersinar (Bersih Narkoba) untuk mencegah peredaran narkoba mulai dari tingkat paling rendah.

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Ciamis, Engkos Kosidin mengatakan program ini adalah bentuk upaya menjadikan Desa yang tangguh, memiliki imunitas terhadap masalah Narkoba. Kendati demikian, BNN di daerah secara masif menyampaikan informasi dan edukasi tentang masalah Narkotika.

“Program Desa Bersinar ini sangat penting karena persoalan penyalahgunaan narkoba ini sudah menjadi ancaman nasional,” kata Engkos dalam kegiatan pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika (P4GN) , Senin (5/4/2021).

BACA JUGA: Maskara Digunakan dalam Penanganan Pencegahan Covid-19 di Kota Banjar

Saat ini banyak beredar di media terkait pengungkapan kasus penangkapan sindikat peredaran narkotika meski dimasa pandemi Covid-19, hal ini terjadi karena masih banyak pengguna dari berbagai kalangan. Maka dalam meminimalisir dan memutus jaringan peredaran narkoba pihaknya membangun ketangguhan masyarakat dalam menangkal narkoba dalam program desa bersinar.

“Jadi program desa bersinar itu akan terinteritas baik program pencegahan, rehabilitas dan juga dari sisi pemberantasannya,” kata Engkos.

Engkos mengatakan,  pihaknya menjalin komunikasi untuk bersinergi, bekerjasama dengan Pemerintahan Daerah, Polres, Polsek, Kodim hingga ke para Babinsa dan Bhabinkamtibmas untuk bersama-sama mewujudkan desa-desa menjadi bersih dari penyalahgunaan narkoba.

“Jika ada indikasi atau tanda-tanda orang yang menyalahgunakan narkona lakukan pendekatan dan silahkan lapor ke BNN, kami memiliki klinik pratama konsultasi atau rehabilitas gratis,” katanya.

“Bagi pengguna yang melapor pihaknya akan mengapresiasi dan tidak akan di proses hukum, Namun bagi pengedar tentunya akan di tangkat dan diproses sesuai hukum yang berlaku,” kata dia menambahkan.

Sementara itu Wali Kota Banjar Ade Uu Sukaesih menjelaskan, kegiatan ini merupakan langkah awal pemerintah dalam mewujudkan Desa dan Kelurahan Bersinar (Bersih Narkoba).

Dalam mewujudkan Desa Kelurahan bersinar di Kota Banjar, Ade mengatakan akan membangun komitmen bersama dengan seluruh komponen masyarakat dalam membentuk satu Kota Banjar bebas dari Narkoba.

“Banjar harus di jaga dengan semua berkordinasi, bergotong-royong, bekerja bersama-sama dari mulai tingkat RT untuk pencegahan narkoba ini,” kata dia.

(Budiana Martin/Anthika Asmara)

 

Artikel Lainnya

spot_img