spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    500 Wifi Segera Terpasang di Kota Bandung

    BANDUNG,FOKUSJabar.co.id: Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan memasang 500 Wireless Fidelity (Wifi) pada 7 April 2021. Wifi itu dipasang agar masyarakat mendapat akses internet gratis. 

    Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bandung Yayan A Brillyana berharap program tersebut bisa mengantarkan Kota Bandung sebagai smart city atau kota pintar. Selain itu, kebutuhan akan internet saat ini menjadi salah satu prioritas.

    “Terutama di dunia pendidikan yang menopang Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ),” kata Yayan di Taman Dewi Sartika, Jalan Merdeka Kota Bandung, Jabar Selasa (30/3/2021).

    Untuk kebutuhan tersebut, Pemkot Bandung menganggarkan Rp12 milyar. Saat ini pemasangan ke wilayah pun sudah melewati proses seleksi yang diinisiasi wilayah setempat.

    “Di kawasan hunian, kita memilih non komplek dan padat penduduk. Sebab mayoritas di komplek perumahan sudah memasang wifi untuk akses internet secara pribadi,” kata dia. 

    Sementara itu, Kabid Infrastruktur Diskominfo Kota Bandung Mahyudin mengatakan, 500 titik terbagi di 302 di rukun warga (RW), 20 taman, tempat ibadah, Puskesmas, kelurahan dan kecamatan.

    BACA JUGA: Ada Wifi Gratis, Markas Koramil Ciamis Diserbu Siswa

    “Untuk RW kami memilih dua RW/kelurahan. Pemasangan, ada di balai RW atau kantor serbaguna. Aparat wilayah setempat yang memilih, tetapi tidak di hunian aparat itu,” kata Mahyudin.

    Adapun bandwidht internet yang terpasang, kata dia, kurang lebih sebesar 20Mbps atau bisa digunakan sekitar 50 hingga 100 orang per titik dengan password pengguna ‘Diskominfo BDG’.

    “Tetapi kita tetap membatasi pengguna untuk di wilayah RW atau hunian warga. Sementara di fasilitas publik dapat diakses dengan bebas selama 24 jam untuk setiap harinya,” kata dia. 

    (Yusuf Mugni/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img