spot_img
Jumat 19 April 2024
spot_img
More

    Belum Lolos Kartu Prakerja? Ayo Segera Cek KK Kamu

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Gelombang 16 kartu prakerja telah resmi dibuka pada hari Kamis tanggal 25 Maret 2021 dan pendaftaran untuk gelombang tersebut ditutup pada hari Minggu tanggal 28 Maret 2021.

    Namun tentunya bagi yang telah melakukan pendaftaran kartu prakerja di gelombang 16 akan berharap harap cemas, apakah diterima atau tidak.

    Untuk diketahui, program ini tersebut diperuntukan untuk masyarakat yang tengah mencari kemampuan untuk mengasah skil dan teori dalam bidang pekerjaan, pada gelombang ke-16, kuota yang diberikan masih sama dengan gelombang yang sebelumnya, yakni hanya dibatasi untuk 600.000 orang pendaftar.

    Selain itu, kartu prakerja juga menggunakan sistem dua orang dalam satu Kartu Keluarga dengan artian setiap Kepala Keluarga hanya bisa mendaftarkan dua orang anggota keluarga untuk bisa mengikuti program prakerja. Hal tersebut dilakukan untuk pemerataan.

    Lalu, kenapa tidak lolos prakerja pedahal sudah mengikuti semua ketentuannya dan belum pernah ada anggota keluarga yang terdaftar dalam program prakerja?

    Banyak pendaftar yang kebingungan terkait hal tersebut, sangat penting untuk diketahui, program kartu prakerja tersebut tidak diperuntukan untuk anggota keluarga atau Kartu Keluarga yang telah terdaftar sebagi penerima program bantuan sosial dari pemerintah.

    Baca Juga: Sekolah.mu Siap Hadirkan Pelatihan Terbaik di Program Kartu Prakerja

    Untuk melakukan cek terkait KK yang sudah terdaftar dalam program penerima bansos, bisa di cek melalui laman web

    – Cek melalui website

    kartu prakerja

    1. Ketik di keyword pencarian Google dengan kata kunci https://dtks.kemensos.go.id, lalu setah masuk ke dalam halamannya klik ID. Bisa dimasukan ID NIK atau bisa juga menggunakan nomer KIS.

    2. Masukkan nomer ID tersebut lalu setelah itu masukan kode Captcha yang tertera. Selanjutnya klik cari

    3. Setelah klik tombol cari maka akan muncul apakah Kartu Keluarganya sudah terdaftar dalam bansos atau belum.

    Namun ada juga tanda-tanda bahwa pendaftar dalam prakerja gelombang 16 tersebut lolos dalam tahap pendaftaran, bagi yang sudah lolos dan terdaftar, maka pemerintah akan memberikan dana intensif senilai Rp 3,5 juta. Apa saja tandanya jika pendaftar akan diloloskan dalam program prakerja gelombang ke-16? Simak berikut ini tandanya.

    Pendaftar bisa melakukan cek setelah gelombang pendaftran kartu prakerja resmi ditutup, dan bagi pendaftar yang telah resmi lolos akan mendapatkan pemberitahuan dalam dashboard laman web prakerja.go.id.

    Selain pemberitahuan melalui dashboard prakerja, pendaftar yang lolos seleksi prakerja juga akan diberikan sebuah pesan singkat lewat short mesage (SMS) yang berisikan bahwa pendaftar telah lolos dan bisa mengikuti program prakerja.

    SMS tersebut akan dikirimkan kepada nomer yang terdaftar saat melakukan pendaftaran awal kartu prakerja. Maka dari itu, nomer telpon wajib aktif agar tidak tertinggal informasi seputar kelolosan kartu prakerja.

    Peserta yang lolos juga bisa cek saldo yang diterima untuk mengetahui kelolosan melalui dashboard laman web prakerja.go.id.

    Namun bagi pendaftar yang belum lolos akan menerima pemberitahuan yang berisikan bahwa pendaftar belum lolos program kartu prakerja dan akan diarahkan untuk mengikuti gelombang pendaftaran kartu prakerja yang selanjutnya.

    Sampai saat ini pemberitahuan terkait kelolosan peserta dalam mengikuti gelombang ke-16 kartu prakerja belum diumumkan secara resmi, dan masih dalam tahap pengevaluasian.

    (Fauza/Erwin)

    Berita Terbaru

    spot_img