spot_img
Kamis 2 Mei 2024
spot_img
More

    Kalahkan Plt Walikota Tasikmalaya, Kuat Erlangga Ingin Jadikan Jabar Sentra Panahan Indonesia

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Menjadikan Jawa Barat sebagai sentra olahraga panahan di Indonesia menjadi target Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Jabar masa bakti 2021-2025, Kuat Erlangga Surya. Prajurit TNI A berpangkat Letnan Kolonel (Letkol) keuangan (Cku) ini terpilih pada gelaran Musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov) Perpani Jabar 2021 di California Hotel, Jalan Wastukancana Kota Bandung, Sabtu (20/3/2021) malam WIB.

    Pada gelaran musorprov, muncul dua calon Ketua Umum Perpani Jabar masa bakti 2021-2025. Yakni Letkol Cku Kuat Erlangga Surya dan petahana Muhammad Yusuf yang juga menjabat sebagai Plt Walikota Tasikmalaya.

    Proses pemilihan pun berjalan cukup alot dan dinamis. Sempat terjadi debat diantara dua kubu pendukung masing-masing calon Ketua Umum Perpani Jabar masa bakti 2021-2025.

    Meski demikian, semua tahapan bisa berjalan dengan baik melalui arahan dari PB Perpani serta KONI Jabar. Dan di tahapan proses pemilihan, Kuat Erlangga yang didukung 17 suara mengalahkan petahana yang hanya mendapatkan dukungan 10 suara.

    BACA JUGA: Pertandingan Catur Antara Dewa Kipas Melawan GM Irene Disiarkan Live di Kanal Youtube Deddy Corbuzier

    fokusjabar.id panahan perpani kuat erlangga
    Gelaran Musorprov Perpani Jabar 2021 di California Hotel, Sabtu (20/3/2021) malam WIB. (FOTO: Ageng)

    “Alhamdulillah, musorprov berjalan dengan tertib, aman, dan lancar. Saya ucapkan terimakasih kepada Pak Muhammad Yusuf yang sudah memimpin Perpani dan saya akan lanjutkan estafet kepemimpinan ini, semoga lebih baik dibandingkan kepengurusan sebelumnya,” kata Kuat Erlangga usai terpilih sebagai Ketua Pengprov Perpani Jabar masa bakti 2021-2025, Sabtu (20/3/2021) malam WIB.

    Mendapat dukungan lebih dari 50 persen suara dari total 25 pengcab Perpani kota/kabupaten yang hadir, minus Kabupaten Garut dan Kabupaten Cirebon, Kuat Erlangga memiliki berbagai program untuk mencapai target yang dicita-citakan. Baik program jangka pendek maupun jangka panjang.

    “Untuk jangka pendek, kita akan tingkatkan kualitas pelatda Panahan Jabar agar bisa mencapai target yang diemban di PON XX. Kita akan tingkatkan yang masih kurang, mempertahankan sekaligus meningkatkan yang sudah baik, serta semangat atlet akan lebih ditingkatkan. Kita yakin bisa mencapai target di PON XX karena Jabar memiliki atlet-atlet panahan terbaik di Indonesia,” dia menuturkan.

    Sedangkan untuk program jangka panjang, kata dia, pelaksanaan liga panahan akan coba untuk digulirkan. Dengan keberadaan liga panahan, diharapkan bisa mendorong dan memotivasi setiap daerah meningkatkan pembinaan hingga melahirkan atlet panahan.

    Kuat Erlangga pun berencana menggelar Archery Award sebagai salah satu bentuk penghargaan bagi insan olahraga panahan di Jabar. Baik dari sisi atlet, pelatih, pembina hingga pengcab Perpani kota/kabupaten berprestasi.

    Program lain yang akan dikembangkan dan menjadi inovasi baru yakni dengan membangun sebuah aplikasi terkait panahan Jabar. Dalam aplikasi tersebut, akan tergambar semua hal terkait panahan di Jabar.

    “Semua lapisan masyarakat bisa mengakses aplikasi ini sehingga olahraga panahan semakin dikenal, digandrungi dan semakin banyak yang menggelutinya. Dengan demikian, perkembangan olahraga panahan di Jabar ini semakin meningkat dan atlet-atlet baru pun akan lahir,” Kuar Erlangga menerangkan.

    Program lainnya yang akan disiapkan yakni terkait dengan peningkatan kualitas pelatih panahan di Jabar. Pihaknya akan secara rutin menggelar pelatihan bagi para pelatih sehingga kualitasnya semakin meningkat.

    “Dengan kualitas pelatih yang baik, tentu akan menghasilkan atlet-atlet yang baik pula. Semua program yang saya paparkan melalui visi misi itu, muaranya untuk menjadikan Jabar sebagai sentra panahan di Indonesia,” kata dia.

    fokusjabar.id panahan perpani kuat erlangga
    Penyerahan hasil Musorprov Perpani Jabar 2021 kepda perwakilan PB Perpani. (FOTO: Ageng)

    Wakil Ketua IV Bidang Hukum PB Perpani, M. Ikhsan Ingratubun mengapresiasi berbagai program kerja yang disiapkan Kuat Erlangga Surya setelah resmi terpilih sebagai Ketua Pengprov Perpani Jabar masa bakti 2021-2025. Dinamika yang terjadi selama pelaksanaan musorprov, menjadi pelajaran bagi insan panahan di Jabar untuk menjadi seorang organisatoris yang baik.

    “Semoga ketua umum terpilih bisa membawa panahan di Jabar lebih baik dan lebih berprestasi. Bisa kembali pada masa kejayaannya,” kata Ikhsan.

    Hal senada juga diungkapkan Sekretaris I KONI Jabar Aan Johana. Sebagai induk organisasi olahraga di Jabar, kata Aan, KONI Jabar menaruh harapan besar kepada ketua umum terpilih agar membawa panahan Jabar lebih baik dan lebih berprestasi.

    Meski demikian, Aan mewanti-wanti ketua umum terpilih untuk memilih jajaran kepengurusan yang terbaik. Pasalnya, prestasi terbaik bisa diraih jika didukung oleh organisasi yang baik dan sehat.

    “Pilih pengurus yang benar-benar mau mengurus atlet dan panahan, bukan malah harus diurus oleh Pak Ketua. Jadi kalau pun akomodatif, tetap harus selektif. Satu yang tak kalah penting, jangan ada ekses setelah musorprov ini, jangan ada lagi kubu-kubuan, semua harus bersatu sebagai keluarga Perpani Jabar,” Aan menegaskan.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img