spot_img
Sabtu 17 April 2021
spot_img
spot_img

11 Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Melon (Cucumis melo L.) merupakan nama buah yang termasuk dalam suku labu-labuan (Cucurbitaceae).

Buah Melon biasanya dimakan segar sebagai buah meja atau diiris-iris sebagai campuran es buah. Bagian yang dimakan adalah daging buah (mesokarp). Teksturnya lunak, berwarna putih sampai merah, tergantung kultivarnya.

melon fokusjabar.id
Buah Melon (foto web)

Tumbuhan semusim, merambat tetapi menjalar, tidak memanjat. Daun berbentuk menjari dengan lekuk moderat sehingga seperti lingkaran bersudut. Batangnya biasanya tidak berkayu.

BACA JUGA: 8 Rahasia Lamtoro Gung untuk Kesehatan Anda

Manfaat Melon yang rasanya manis dan hampir 95 persen mengandung air ternyata belum banyak diketahui.

Kandungan air yang banyak pada buah ini bisa menuntaskan dahaga dan dapat dijadikan jus atau camilan segar saat cuaca sedang panas. Selain menyegarkan, juga mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Beberapa jenis kandungan nutrisi yang terkandung, kalium, asam folat, protein, beta-karoten, dan magnesium serta mengandung vitamin A, C, E dan vitamin K.

Berikut beberapa manfaat Melon untuk kesehatan dan kecantikan:

  1. Memperlancar Pencernaan

Buah yang satu ini dapat membantu mengatur pencernaan berkat kandungan serat. Mengonsumsinya bisa mengurangi kemungkinan adanya masalah pencernaan, seperti sembelit. Melon juga merupakan buah yang rendah kalori yang cocok sebagai asupan diet.

Mengonsumsi buah ini juga mampu menurunkan kadar kolesterol tubuh secara keseluruhan serta menghindarkan tubuh dari penyakit-penyakit tertentu (tekanan darah tinggi dan kanker).

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tak hanya rendah kalori dan kandungan serat yang ada di dalamnya, buah ini mampu mencukupi kebutuhan harian vitamin C yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Semua zat tersebut bersifat antioksidan sehingga mampu membantu mencegah penyakit serta infeksi yang menyerang, termasuk kanker.

  1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Buah ini kerap dikaitkan cocok untuk pengidap hipertensi. Hipertensi adalah kondisi ketika tekanan darah terhadap dinding arteri terlalu tinggi karena rendah natrium namun tinggi akan kalium.

Anda bisa memperoleh manfaat mengonsumsi langsung sebagai camilan atau diolah dalam sajian jus, salad atau smoothies.

  1. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Melon memiliki kandungan vitamin K. Tak hanya itu, kandungan seperti magnesium dan folat yang ada di dalamnya menjadi komponen utama untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tulang.

melon fokusjabar.id
Ilustrasi (foto web)

  1. Baik untuk Ibu Hamil

Buah ini memiliki kandungan asam folat yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Kandungan tersebut membantu memproduksi dan memelihara sel-sel baru, terutama pada wanita hamil.

Mengonsumsi melon di awal masa kehamilan dapat mencegah terjadinya cacat bawaan lahir pada bayi seperti tabung saraf, kelainan otak, dan tulang belakang.

melon fokusjabar.id
Ilustrasi (foto web)

Meski demikian, ibu hamil sebaiknya menghindari konsumsi melon yang sudah dipotong sebelum dibeli.

  1. Mencegah Penuaan pada Kulit

Vitamin K dan vitamin E yang terkandung berperan penting untuk menjaga kesehatan kulit dan mampu membuat kulit bercahaya. Selain itu, buah ini memiliki kandungan air tinggi yang mampu menghidrasi kulit dari dalam.

Melon juga merupakan sumber vitamin B, kolin dan betaine. Kandungan ini sangat baik untuk membuat kulit tetap segar.

Tak hanya itu, vitamin A dan vitamin C yang tinggi dalam melon dapat mendorong regenerasi kulit dan pembentukan kolagen serta jaringan ikat yang memberi kesan awet muda.

Mengonsumsi melon mampu mempertahankan elastisitas kulit dan memfasilitasi sintesis kolagen sehingga memberikan manfaat anti-penuaan.

  1. Mengatasi Rambut Rontok

Rambut rontok juga bisa diatasi dengan memanfaatkan buah ini. Melon dipercaya dapat mencegah kerontokan rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

melon fokusjabar.id
Ilustrasi (foto web)

Kandungan vitamin yang cukup banyak pada buah ini memberikan manfaat bagi kesehatan, khususnya untuk pertumbuhan rambut.

  1. Menyehatkan Mata

Vitamin A yang terdapat dalam buah ini berguna untuk meningkatkan ketajaman penglihatan dan menjaga kesehatan mata.

Buah ini kaya vitamin A dan diyakini bisa mencegah katarak, degenerasi makula, menjauhkan mata dari sinar radiasi dan menjaga kesehatan mata lainnya.

melon fokusjabar.id
Ilustrasi (foto web)

  1. Pengobatan Insomnia

Buah ini sangat membantu pengidap insomnia untuk menyingkirkan gangguan tidur dengan menenangkan sistem saraf.

Melon mengandung senyawa uniquecompound yang baik untuk fungsi saraf dan menenangkan kecemasan.

  1. Cegah Serangan Jantung

Manfaat lainnya dapat mencegah terjadinya serangan jantung. Hal ini dikarenakan buah ini mengandung zat adenosine.

lamtoro gung fokusjabar.id
(foto web)

Selain dapat mencegah pertumbuhan sel kanker, adenosine juga mencegah terjadinya pengendapan darah yang menjadi penyebab serangan jantung dan stroke. Adenosine juga dapat membatu sel darah.

Zat ini juga dapat membantu melancarkan sel darah sehingga menurunkan risiko terkena stroke dan serangan jantung.

  1. Menjaga Kesehatan Ginjal

Kandungan diuretik yang ada di dalam buah ini membantu melancarkan buang air kecil. Sehingga dapat membantu kerja ginjal saat melepaskan sisa air di dalam tubuh.

melon fokusjabar.id
Ilustrasi (foto web)

Untuk penderita penyakit ginjal, cobalah mengonsumsi buah melon dicampur dengan jeruk nipis setiap pagi sebelum sarapan agar ginjal dapat Kembali sehat.

(Bambang Fouristian/berbagai sumber)

Artikel Lainnya

spot_img