spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Target PBB P2 CiamisTahun 2021 Naik Jadi 24 Miliar

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Target pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan (PBB P2) di Kabupaten Ciamis tahun 2021 mengalami peningkatan sebesar Rp. 24,4 milyar, dari tahun sebelumnya yakni sebesar Rp. 23 milyar.

    Meskipun ada peningkatan kurang lebih Rp1 milyar dengan tahun sebelumnya, Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Ciamis optimis target PBB P2 tahun 2021 bisa tercapai.

    Kepala Bidang Penagihan dan Pelaporan BPKD Ciamis, Ega Anggara Al Kautsar mengatakan, pada awal pembukaan pembayaran PBB P2 saat ini, sudah ada sekitar 60 Desa yang telah melunasi PBB P2. Ini membuat sejarah dan rekor baru pada awal tahun 2021.

    “Peningkatan signifikan tahun ini terjadi dalam pelunasan PBB P2 tahun 2021. Jadi, untuk target PBB P2, kami sangat optimis tercapai,” katanya, Rabu (3/2/2021).

    BACA JUGA: Bus Tabrak Sepeda Motor di Ciamis 2 Orang Luka Parah

    Ega menjelakskan, tahun sebelumnya target pajak daerah keseluruhan telah tercapai. Namun, untuk pajak PBB tidak tercapai sekitar Rp 1 milyar kurang, karena tahun kemarin kondisinya pandemi Covid-19.

    “Selain adanya bencana Covid-19, tidak tercapainya target PBB itu juga dikarenakan pemerintah desa kemarin kebanyakan kepala desanya Pjs. Jadi untuk menarik pajak ke masyarakat sedikit susah, beda dengan yang depinitif,” katanya.

    Ega menambahkan, tahun 2021 saat ini semua kepala desa sudah depinitif. Maka dari itu, yang telah melunasi PBB kebanyakan kepala desa yang baru. Mungkin, ingin menunjukan kepada masyarakatnya yang baik.

    “Tidak hanya itu, saat ini juga beberapa pemerintah desa di Ciamis telah menggalakan Bumbung PBB, dan juga ada dari hasil pertanian untuk PBB, serta bank sampah untuk PBB,” kata dia.

    Ega menambahkan, agar tercapainya target PBB P2 tahun 2021 juga perlu adanya kesadaran dari pemerintah baik itu kabupaten maupun desa akan hak dan tanggung jawab sebagai warga negara dalam membayar pajak.

    “Jika pemerintah dari mulai kabupaten sampai desa bersinergi dalam hal menarik pajak kepada masyarakat. Insya alloh target PBB tahun ini akan tercapai,” kata dia.

    (Riza M Irfansyah/Anthika Asmara)

     

    Berita Terbaru

    spot_img