spot_img
Sabtu 27 April 2024
spot_img
More

    Sungai Cileueur Ciamis Bakal Disulap Jadi Ruang Publik

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Kawasan kumuh Sungai Cileueur di lingkungan Janggala,Kabupaten Ciamis, Jabar akan diubah menjadi ruang terbuka publik (RTP) pada tahun ini.

    Di kawasan tersebut pun  sebelumnya juga telah direncanakan untuk dibangun RTP pada tahun 2019 silam. Namun, karena adanya kendala pada tahun 2020, jadinya baru terealisasi tahun 2021.

    Kepala Bidang Perumahan dan Kawasan Permukiman pada DPRKPLH Ciamis, Aris Taufik Abadi mengatakan, pada tahun 2020 pemerintah pusat memberi kabar terkait adanya kendala dalam pembangunan RTP kawasan sungai Cileueur.

    BACA JUGA: Roda Pemerintahan Ciamis Berjalan Meski Bupati dan Wakilnya Positif Covid-19

    “RTP atau kalau dulu itu RTH ini direncanakan dibangun pada tahun 2020, namun karena ada beberapa kendala jadinya tidak bisa dilaksanakan,” katanya, Rabu (3/3/2021).

    Aris menjelaskan, kendalanya yakni karena adanya perubahan desain dan penambahan ornamen. Salah satunya yakni adanya TPS3R dan Ipal di daerah kawasan tersebut.

    “Kalau di desain sebelumnya itu tidak ada TPS3R, namun sekarang ada. Dan kemudian ada beberapa ornamen yang dirubah,” katanya.

    Menurut Aris, pemerintah pusat juga menambahkan anggaran untuk pembangunan RTP kawasan sungai Cileuer tersebut yakni sebesar Rp. 14 miliar.

    “Tadinya itu hanya Rp. 12 miliar, kini ditambah. Anggaran tersebut dari APBN tahun 2021,” kata dia.

    RTP kawasan sungai Cileuer ini nantinya lebih ke konsep pariwisata. Jadinya, bisa dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk menumbuhkan perekonomian.

    “Saya harap, setelah jadi RTP ini bisa digunakan dan dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat,” kata dia.

    (Riza M Irfansyah/Anthika Asmara )

    Berita Terbaru

    spot_img