spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Bupati Garut: Siswa SLTA Segera Ditesting Narkoba, Anggarannya Rp 300 Juta dari BTT

    GARUT,FOKUSJabar.id: Dalam upaya penguatan penegakkan pemberantasan narkoba, Bupati Garut Jawa Barat (Jabar), Rudy Gunawan gelar Rapat Kerja (Raker) Program Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) bersama unsur Forkopimda di ruang Meeting Room Hotel Harmoni Garut, Rabu (3/3/2021).

    Raker tersebut mengusung tema “Implementasi Peraturan Bersama, Tentang Penanganan Pecandu Narkotika dan Korban Penyalahgunaan Narkotika ke Dalam Lembaga Rehabilitasi.”

    bupati garut fokusjabar.id
    Raker P4GN

    Ketua P4GN Kabupaten Garut mengatakan, pihaknya akan melakukan langkah-langkah konkret guna mencegah dan memberantas peredaran narkoba di wilayahnya.

    BACA JUGA: Peneliti: Faktor Genetik Pengaruhi Kebiasaan Tidur Siang

    “Saya wajib melakukan langkah konkret yang berhubungan dengan pencegahan pemberantasan narkotika dan alat-alat yang digunakan secara nyata untuk narkotika,” kata Bupati Garut.

    Menurut Rudy Gunawan, pembentukan tim P4GN diinstruksikan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) dan beranggotakan unsur Forkopimda (TNI, Polri dan dinas teknis terkait).

    “Pak Presiden instruksikan kepada semua lembaga paling bawah (bupati dan wali kota) membentuk tim terpadu.  Isinya tentang pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan narkotika,” kata Bupati Garut.

    Pihaknya sudah bekerja sama dengan Polres Garut untuk menyediakan alat testing narkotika dari anggaran Belanja Tak Terduga (BTT) Rp300 juta.

    “Kita akan sediakan alat testing pack dari BTT untuk 3 ribu. Kami simpan di Dinas Kesehatan (Dinkes). Anggarannya dari BTT Rp300 juta,” kata Bupati Garut.

    Menurut Rudy, dalam rangka penguatan pencegahan narkotika di Kabupaten Garut, BNN (Badan Narkotika Nasional) dan Polri telah memilik strategi untuk melakukan testing kepada anak SMA.

    “Jadi intinya, Raker ini untuk penguatan didalam pencegahan. Tentu kita akan melakukan testing yang dilakukan secara mendadak. Inilah strategi yang dilakukan oleh BNN dan Polri. Sasarannya SMA kerjasama dengan Kepala UPTD Pendidikan SMA,” ungkapnya.

    Kepala BNN Kabupaten Garut, Irzan Haryono mengatakan, Kabupaten Garut menginginkan adanya fasilitas rehabilitasi sendiri.

    bupati garut fokusjabar.id

    “Saya ingin dan kalau bisa Pak Bupati, Pak Wakil, di Garut punya fasilitas rehabilitasi sendiri. Mungkin tidak seperti di Lido, tetapi kemampuannya bisa seperti di sana,” singkat Irzan.

    (Andian/Bambang)

    Berita Terbaru

    spot_img