spot_img
Senin 19 April 2021
spot_img
spot_img

Bangun Ekosistem Inovasi dan Entrepreneurship Mahasiswa Lewat Program PMW X TOP ITB

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Program Mahasiswa Wirausaha Technopreneurship Orientation Program (PMW X TOP)  2021 adalah program kolaborasi antara ITB Career Center dengan LPiK ITB dalam bidang kewirausahaan.

Kali ini, program tersebut mengusung tema ‘Be The Next Millennial Startup in Pandemic Era’. Pada program PMW X TOP 2021 ada 6 kategori diantaranya:

Jasa dan Sosial, Teknologi Lingkungan dan IoT (Internet of Things), Teknologi Kesehatan Kecantikan, ICT (Information and Communication Technology), Boga, serta Fashion dan Kreatif.

Program PMW X TOP 2021 batch 1 tersebut di ikuti sebanyak 63 kelompok bisnis. Namun ada  beberapa peserta yang mencuri perhatian juri PMW X TOP 2021 batch 1 antara lain Venidici dan lapakcoret.com untuk kategori Startup (pendanaan awal), dan Nyampih untuk kategori Scaleup (lanjutan pendanaan).

BACA JUGA: Pamer Inovasi Baru, Xiaomi Ciptakan Alat Pengisian Baterai Wireless

Lapakcoret.com adalah inovasi pembelajaran dan penyedia produk seni dan desain secara online. Akun Instagram mereka telah banyak disukai karena tips seputar seni, desain, hingga tutorial menggambar.

Lapakcoret.com menjadi platform belajar daring yang memfasilitasi calon mahasiswa belajar dan menyiapkan diri menghadapi ujian masuk FSRD. Tersedia sistem pembelajaran daring yang diisi pemateri kompeten.

Sedangkan Nyampih adalah platform jasa angkut sampah yang teruji beroperasi di wilayah Soreang Kabupaten Bandung. Nyampih menghubungkan petugas persampahan dengan konsumen dengan sistem penjemputan yang fleksibel.

Sementara Venidici adalah platform edukasi untuk mendapatkan skill personal maupun professional yang relevan dengan perkembangan zaman.

Direktur ITB Career Center, Sonny Rustiadi mengatakan, kolaborasi PMW X TOP 2021 dilakukan untuk mendukung ITB menjadi Entrepreneurial University. Acara ini diarahkan untuk membangun ekosistem inovasi dan entrepreneurship di kalangan mahasiswa.

“Banyak inovasi yang diciptakan oleh mahasiswa yang memiliki nilai komersial tinggi. Maka perlu suatu dukungan berupa pendampingan, pembinaan, pelatihan dan bantuan pendanaan melalui program PMW X TOP ITB 2021,” ujar Sonny pada saat Acara PMW X TOP ITB 2021 secara Virtual Sabtu (27/2/2021).

Sonny mengungkapkan, program PMW X TOP juga mendukung program dari pemerintah, yaitu Kampus Merdeka, sebagai komitmen ITB dalam Program Merdeka Belajar. Peserta program PMW X TOP 2021 juga dapat mengklaim kredit satuan kredit semester (SKS) yang berkisar antara 3-5 SKS tergantung dari beban studinya.

Menurutnya, Peserta program PMW X TOP ini bisa terbuka dari perguruan tinggi lain, menguatkan kolaborasi antara mahasiswa ITB maupun luar ITB dalam menjalankan bisnisnya.

“Pelaksanaan PMW X TOP pada tahun 2021 dilaksanakan 2 kali, tidak seperti tahun sebelumnya yang hanya 1 kali dalam setahun. Hal ini merupakan terobosan baru dari program PMW X TOP dalam halnya mendukung program MBKM di ITB,” pungkasnya.

(Yusuf Mugni)

Artikel Lainnya

spot_img