spot_img
Jumat 19 April 2024
spot_img
More

    Pamer Inovasi Baru, Xiaomi Ciptakan Alat Pengisian Baterai Wireless

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Inovasi baru dihadirkan Xiaomi yang diberi nama Mi Air Charge. Inovasi ini memungkinkan pengisian daya nirkabel jarak jauh melalui udara untuk smartphone dan perangkat lainnya.

    Seperti dilansir kumpatanTECH, teknologi ini diklaim Xiaomi berbeda dengan wireless charger yang saat ini beredar pasaran. Pada umumnya, pengisian baterai dengan menggunakan wireless charger, pengguna harus meletakkan smartphone di atas docking khusus dan saat perangkat diambil dari tempat pengisian maka proses pengisian akan berhenti.

    Namun melalui teknologi Mi Air Charge ini, pengisian baterai smartphone bisa dilakukan tanpa dudukan docking. HP (handphone) yang dicas bisa sembari digunakan dan tidak harus disimpan diatas docking khusus. Dengan catatan, masih dalam satu ruangan atau dalam jangkauan perangkat Mi Air Charge.

    Xiaomi mengklaim, Mi Air Charge dapat mengisi daya perangkat dalam radius beberapa meter. Namun perusahaan elektronik multinasional asal Cina ini tidak menyebut angka pasti berapa meter jangkauan dari Mi Air Change.

    Selain itu, inovasi terbaru Xiaomi ini pun disebut bisa mengisi daya beberapa perangkat sekaligus dengan daya 5W pada saat bersamaan. Penghalang fisik pun disebut-sebut tidak mengurangi efisiensi pengisian daya.

    BACA JUGA: All New Honda CBR150R Resmi Diperkenalkan, Ini Spek dan Harga OTR Jabar

    fokusjabar.id xiaomi mi air charge
    Mi Air Charge Wireless Charging. (FOTO: WEB)

    Dalam blog resminya, Xiaomi memberikan sedikit penjelasan terkait cara kerja Mi Air Charger. Inti dari teknologi Mi Air Charge adalah memposisikan ruang dan transmisi energi.

    Dari video dan gambar yang dibagikan, Mi Air Charger ini memiliki ukuran yang cukup besar layaknya air purifier atau dispenser. Alat ini pun memiliki sejumlah antena yang bisa mentransmisikan energi secara nirkabel.

    Setidaknya terdapat total 144 antena dalam alat tersebut yang dapat melacak keberadaan smartphone secara akurat dalam satu ruangan. Perangkat ini akan mentransmisikan gelombang-gelombang kecil lewat metode beamforming dan akan terhubung ke antena khusus di smartphone yang mendukung nantinya.

    Jadi, tidak sembarang smartphone bisa dicas dengan Mi Air Charge. Xiaomi mengatakan, Mi Air Charger dapat berfungsi dengan jam tangan pintar, gelang, dan perangkat lain.

    Perwakilan Xiaomi mengkonfirmasi kepada The Verge, tidak ada produk komersial yang akan menyertakan teknologi ini di tahun 2021. Xiaomi pun menolak mengabarkan kapan perangkat ini dirilis ke pasar.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img