spot_img
Jumat 30 Juli 2021
spot_img
spot_img

5 Gunung Yang Kental Dengan Hal Mistis di Indonesia

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Apakah pernah mengalami hal mistis? Indonesia dikenal sebagai negara yang masih kental dengan hal-hal yang berbau mistis, banyak tempat-tempat di Indonesia yang terkenal dengan keangkerannya bahkan sampai tercium ke mancanegara.

Berbicara tentang fenomena ganjil, mungkin bagi Sebagian orang akan beranggapan bahwa hal-hal diluar nalar itu hanya sekedar ilusi belaka.

Boleh percaya atau tidak, itu tidak menjadi masalah, tapi mungkin ada beberapa tempat disekitar kita yang kental dengan aura supranaturalnya dan sering sekali dikait-kaitkan dengan hal yang berbau mistis contohnya seperti, hutan atau gunung, rumah kosong, kuburan, jembatan, jalan raya, dan benda-benda pusaka.

Baca Juga: Gegara Sering Dimarahi, ART Bunuh Majikan Lansia di Bandung

Berbicara soal gunung, gunung-gunung di Indonesia memang sangat terkenal dengan keindahannya. Tak sedikit pula para wisatawan lokal atau bahkan mancanegara yang tertarik untuk mengunjunginya hanya untuk sekedar melihat keindahannya, namun tidak sedikit pula wisatawan yang tertarik untuk camping dan mendaki demi bisa sampai di puncak gunung.

Namun, dibalik keindahan-keindahan gunung yang ada di Indonesia pasti akan selalu ada cerita mistis yang menyelimutinya. Yang mungkin belum semua orang mengetahuinya.

Berikut ini adalah 5 Gunung di Indonesia yang masih kental dengan cerita-cerita mistisnya seperti dilansir dari berbagai sumber

5 Gunung dengan cerita mistis

1. Gunung Salak

mistis
Gunung Salak (Web)

Mungkin gunung yang menjadi bagian dua wilayah, Bogor dan Sukabumi ini sudah sangat familiar ditelinga kita. Gunung yang masih menyimpan banyak mitos dan misteri didalamnya sejak dahulu.

Gunung yang memiliki ketinggian 2.211 Meter Diatas Permukaan Laut (MDPL) juga kental dengan sejarah kerajaan Sunda (Padjajaran) loh, banyak para leluhur suku Pasundan yang mengatakan bahwa gunung salak merupakan gunung yang suci. Pasalnya, banyak yang meyakini bahwa digunung inilah Raja Padjajaran, Prabu Siliwangi, Moksa atau menghilang.

Selain itu, Beragam cerita mistis pun muncul dari warga sekitar dan para pendaki yang pernah mendaki ke gunung salak salah satunya yaitu, suara gamelan misterius.

Kemunculan suara gamelan yang tidak diketahui sumbernya tersebut sering terdengar sayup di malam hari oleh para pendaki.

Melalui kanal YouTube si agi, salah satu pendaki yang pernah melakukan pendakian dimalah hari, Aprian Firdaus, membeberkan kejadian mistis tersebut.

Pendaki tersebut mengaku mendengar suara gamelan seperti dihajatan pada saat hendak berjalan melewati pertengahan antara pos 2 dan pos 1.

Selain suara gamelan dia juga mengaku mendengar suara orang berteriak, suara cewek ketawa, dan suara orang yang sedang berjualan cuanki “tok-tok-tok”.

BACA JUGA: Polda Jabar Gerebek Pabrik Rubberseal Ilegal di Garut

2. Gunung Slamet

Gunung Slamet Mistis
Gunung Slamet (Web)

Gunung tertinggi di Jawa Tengah dengan ketinggian 3248 diatas permukaan laut, menjadi 5 pembatas daerah di Jawa Tengah yaitu, Kabupaten Brebes, Purbalingga, Tegal, Banyumas, dan Pemalang. Selain dikenal dengan keindahannya, gunung Slamet juga dikenal dengan cerita mistis yang menyelimutinya oleh para pendaki.

Banyak para pendaki yang menceritakan kejadian mistis yang dialaminya pada saat mendaki di Gunung Slamet. Salah satunya yaitu kehadiran sosok mahluk kerdil atau liliput yang suka mencuri makanan milik para pendaki saat hendak beristirahat di pos. Diceritakan oleh sebagian pendaki, makhluk kecil tersebut sangat ketakutan ketika bertemu dengan manusia dan akan lari tunggang langgang jika mendengar suara langkah manusia.

Menurut mitos yang beredar di masyarakat sekitar, makhluk kecil tersebut merupakan jelmaan dari seorang pendaki yang tersesat saat mendaki di Gunung Slamet, dan terpaksa harus beradaptasi dengan lingkungan sekitar demi bisa bertahan hidup, seiring berjalannya waktu, orang tersebut menjelma seperti hewan yang makan, minum dan berburu di hutan.

3. Gunung Merapi

Gunung Merapi Mistis
Gunung Merapi (Web)

Gunung Merapi merupakan gunung yang masih aktif hingga saat ini, tetapi terlepas dari itu banyak para pendaki yang melakukan pendakian di gunung Merapi karna jalurnya yang sulit ditaklukan dan pemandangannya yang indah menjadi tantangan tersendiri bagi para pendaki.

Mungkin bagi para pendaki yang pernah mendaki gunung Merapi tidak akan asing lagi dengan yang namanya Pasar Bubrah. Selain dikenal sebagai tempat beristirahat nya para pendaki, pasar Bubrah juga dikenal sebagai pusat ghaib digunung Merapi.

Pasar Bubrah Mistis
Pasar Bubrah (Web)

Menurut mitos yang beredar di masyarakat sekitar, pasar Bubrah merupakan pusat atau alun-alun dari sebuah kerajaan ghaib. Selain terkenal dengan pasar Bubrah, gunung Merapi juga terkenal dengan sosok yang melegenda yaitu Eyang Lampir. Bahkan cerita mengenai sosok eyang Lampir tersebut pernah di filmkan oleh salah satu stasiun Televisi.

Baca Juga: Viral! Ditemukan Ikan Hiu Berwajah Manusia di NTT

4. Gunung Bungkuk

Gunung Bungkuk Mistis
Gunung Bungkuk (Web)

Gunung Bungkuk dikenal sebagai gunung terseram yang ada di Indonesia, gunung ini terletak di kawasan Merigi, Bengkulu. Walaupun memiliki ketinggian yang tak terlalu tinggi, gunung Bungkuk juga masih menyimpan sejuta misteri yang belum terpecahkan loh.

Banyak para pendaki yang tertarik untuk mendaki gunung Bungkuk karena takjub dengan keindahan alamnya, selain itu, gunung Bungkuk juga dikenal memiliki bentuk yang unik yang berbeda dengan gunung yang lainnya. Bentuknya yang sedikit membungkuk, menjadi daya tarik tersendiri bagi para pendaki untuk menaklukan jalur pendakian di gunung Bungkuk.

Terlepas dari semua itu, kisah mistis yang masih melegenda ditengah masyarakat tentang gunung Bungkuk ini masih beredar sampai sekarang, salah satunya yaitu kehadiran sosok ghaib yang kerap disebut anak dalam oleh warga sekitar. Warga sekitar mempercayai bahwa sosok tinggi besar tersebut ada di gunung Bungkuk.

Menurut cerita yang beredar ditengah masyarakat sekitar, anak dalam merupakan sosok yang dahulunya memiliki ilmu yang sakti. Namun sampai saat ini belum ada satu pun pendaki atau warga sekitar yang pernah melihat sosok tinggi besar tersebut.

Namun, melansir dari tempatwisata.pro, menurut tokoh masyarakat sekitar, H Hamzah (76), mengungkapkan bahwa keberadaan sosok anak dalam tersebut tidak dapat ditelusuri oleh manusia, dan akan muncul malapetaka jika manusia mencoba memaksakan untuk menemui sosok anak dalam tersebut.

Menurutnya, pada tahun 1990 sosok tersebut pernah menampakan diri kepada orang-orang yang berhati suci. Sosok tersebut memiliki tubuh yang menjulang tinggi dengan menggunakan pakaian yang berwarna putih. Kehadiran sosok anak dalam juga dipercayai masyarakat sekitar sebagai tanda bahwa akan terjadi bencana di kawasan sekitar gunung Bungkuk.

5. Gunung Lawu

Gunung Lawu Mistis
Gunung Lawu (Web)

Selain memiliki jalur yang curam, gunung yang terletak di daerah perbatasan antara Magetan Jawa Timur dan Karanganyar Jawa Tengah tersebut sentral diperbincangkan oleh para pendaki karena memiliki cerita mistis di dalamnya.

Banyak para wisatawan dan pendaki yang mengalami hal mistis ketika mengunjungi gunung Lawu, salah satunya yaitu cerita pasar Setan yang masih melegenda sampai sekarang.

Melansir dari www.99.co, Sebelum melakukan pendakian di gunung Lawu biasanya para pendaki akan diberikan sebuah wejangan oleh juru kunci dari gunung Lawu. Salah satu dari wejangan yang dituturkan oleh sang juru kunci tersebut yaitu melarang para pendaki untuk membeli barang yang dijual dilereng gunung.

Baca Juga: Ingin Menggandakan Sperma? Anda Harus Menyantap 9 Buah Ini

Jika ada seseorang yang menawarkan barang untuk dibeli, menurut sang juru kunci, itu bukan merupakan seorang manusia tetapi merupakan sosok ghaib yang yang mendiami gunung Lawu yang berjualan di pasar setan.

Lokasi pasar setan tersebut berada di lereng gunung Lawu, atau tepatnya terletak di beberapa meter titik awal pendakian.

Selain dimintai untuk tidak membeli barang-barang yang dijual, juru kunci juga meminta para pendaki untuk melempar koin lalu membawa batu krikil, ketika hendak melewati jalur pasar setan tersebut.

Hal tersebut merupakan filosofi bahwa dengan melakukan pelemparan koin kita dianggap sudah membeli barang dari pasar ghaib tersebut.

Nah, itulah 5 diantara Gunung-gunung di Indonesia yang masih kental dengan hal mistisnya. Mungkin masih banyak gunung di Indonesia yang memiliki ha mistis. Tapi terlepas dari itu semua, kita sebagai manusia tentunya harus selalu mengingat bahwa segala kekuasaan itu hanya milik Tuhan yang maha esa. Maka dari itu kita harus selalu meminta perlindungan kepada-Nya.

(Fauza/Erwin)

Artikel Lainnya

spot_img