spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Vaksin Covid-19 Tahap Kedua Tiba di Ciamis

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Sebanyak 1730 vial Vaksin Covid-19 jenis Sinopharm tiba di Kabupaten Ciamis, Jabar Rabu (24/2/2021). Vaksin langsung disimpan di Gudang penyimpanan Vaksin Dinas Kesehatan Ciamis, tepatnya di Jalan Iwa Koesumasomantri depan Islamic Center Ciamis.

    Kepala Bidang P2P Dinas Kesehtan Ciamis dr Bayu mengatakan, droping vaksin tahap kedua Sinovam sudah dilakukan. Untuk pelaksanaan Vaksinasi tahap kedua akan dilaksanakan pada bulan Maret.

    “Untuk prioritas vaksinasi masih untuk petugas lapangan dan Nakes. Kemudian untuk kelompok rentan yakni layanan publik yang berkaitan langsung dengan masyarakat,” kata dr Bayu.

    Untuk vaksin Sinopharm ini satu vial nya berisi 10 dosis. Kemudian untuk tekhnis vaksinasi satu orang itu dua dosis vaksin.

    BACA JUGA: Selain Lansia, Ini Kelompok Prioritas Vaksin Covid-19 Tahap Kedua

    dr Bayu menjelaskan, vaksinasi merupakan solusi terbaik untuk mengatasi Pendemi Global. Dia berpesan kepada masyarakat agar tidak merasa takut unuk divaksin.

    “Vaksin memang tidak 100 persen membuat kebal terhadap Covid, tapi untuk melatih pengenalan antibody kita,” ucapnya.

    dr Bayu menuturkan, untuk uji klinik vaksin Sinovac dan Sinopharm tidak menemukan efek samping yang serius. Sementara untuk kebutuhan vaksin Covid-19 Ciamis, Dinkes Ciamis mendata sekitar 24 ribu dosis.

    “Kebutuhan sebanyak 24 ribu dosis itu dinamis dan akan terus berkembang sesuai dengan situasi dan kondisi,” katanya. 

    Untuk target Vaksinasi Kabupaten Ciamis, dr Bayu mengungkapkan, persentasinya sekitar 70 persen dari jumlah penduduk Ciamis.

    “Kebutuhan tersebut sesuai untuk menciptakan imunitas kelompok. Demi melawan Pendemi global yang saat ini tengah kita alami,” kata dia.

    (Riza M Irfansyah/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img