spot_img
Jumat 19 April 2024
spot_img
More

    Genjot Produksi, PT Jasa Sarana Kuasai Lahan Pasir Batu Seluas 20 Hektar

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: BUMD PT Jasa Sarana manfaatkan potensi pasir batu di Paseh Sumendang, Jabar sejak akhir tahun 2020 lalu. Dengan menguasai lahan tambang seluas 20 hektar.

    Direktur Utama PT Jasa Sarana Hanif Mantiq mengatakan, pengembangan potensi pasir batu Paseh itu sebagai bentuk dukungan untuk pembangunan inrfastruktur strategis di wilayah Utara Jabar.

    “Saat ini kamu sedang menggenjot produksi tambang di wilayah tersebut, demand-nya tinggi untuk permintaan ritel saja setiap hari bisa lebih dari 50 truk dilayani,” katanya dalam rilis resmi Jasa Sarana, Minggu (20/2/2021).

    BACA JUGA: PT Jasa Sarana Dapat Sokongan Dana Untuk Kembangkan PLTM

    Menurut Hanif, dukungan untuk pembangunan infrastruktur strategi wilayah Utara Jabar antara lain untuk pembangunan Tol Cisumdawu, Kereta Cepat Jakarta-Bandung, pelabuhan Patimban dan Pengembangan kawasan Rebana.

    “Tujuan kami mensupport pembangunan yang tengah digenjot oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Paseh baru kita garap intens Desember 2020 lalu, targetnya bisa produksi 30.000-50.000 m3 kubik per bulan. Pangsa pasar tinggi sekali, sementara lokasi pasir batu saat ini sudah terbatas, kebetulan posisi kita strategis untuk menunjang pembangunan di utara Jawa Barat,” kata Dia.

    Hanif juga memastikan meski melakukan eskplorasi, pihaknya tetap mengutamakan aspek lingkungan.

    jasa sarana fokusjabar.id
    Tambang pasir batu Paseh Sumedang, Jabar. (Istimewa)

     “Aspek lingkungan pun menjadi  konsen, nantinya area tambang akan kami padukan dengan konsep pertambangan berwawasan lingkungan,” katanya.

    Kawasan Utara sendiri tengah menjadi fokus pembangunan. Semisal, Rebana Metropolitan merupakan wilayah utara/timur laut Provinsi Jabar yang meliputi tujuh daerah, yakni Kabupaten Sumedang, Majalengka, Cirebon, Subang, Indramayu, dan Kuningan, serta Kota Cirebon.

    Sebagai jantung pertumbuhan kawasan ini, ada Pelabuhan Patimban di Kab. Subang dan Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kab. Majalengka yang berfungsi sebagai pusat konektivitas dan logistik.

    Rebana Metropolitan diproyeksikan sebagai motor penggerak pertumbuhan ekonomi Jabar melalui pengembangan kawasan industri yang terintegrasi, inovatif, kolaboratif, berdaya saing tinggi, dan berkelanjutan.

    Dengan 13 kota baru, Rebana Metropolitan dinilai bisa meningkatkan 5 persen ekonomi dan menghadirkan 4,3 juta lapangan kerja di 2030.

    (Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img