spot_img
Jumat 24 Mei 2024
spot_img
More

    Viral Video Pecahan Uang Rp 100 Bergambar Jokowi, Ini Penjelasan BI

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Viral di TikTok sebuah Video yang menunjukan pecahan uang Rp 100 bergambar Presiden Joko Widodo.

    Dalam video tersebut dijelaskan keterangan bahwasannya pecahan uang tersebut merupakan redenominasi dari uang bernominal Rp 100.000 menjadi uang bernominal Rp 100.

    Untuk diketahui, redenominasi merupakan bentuk penyederhanaan nominal uang menjadi lebih kecil tanpa merubah nilai tukarnya.

    Dari Video yang beredar luas di sosial media tersebut terlihat uang pecahan Rp 100 tersebut memiliki nomer seri dan logo “BANK INDONESIA” seperti uang pada umumnya.

    Baca Juga: Cara mengedit Video Tiktok Agar Menarik Perhatian Viewer

    Video tersebut pertama kali diunggah di aplikasi TikTok oleh akun @aku.ijot dan dipost ulang oleh akun @jakarta.keras.

    Pecahan Uang 100 Bukan Buatan BI

    Sementara itu, Pihak BANK INDONESIA melalui Direktur Eksekutif Kepala Departeman Komunikasi BI, Erwin Haryono mengatakan, uang pecahan Rp 100 tersebut bukan berasal dari Bank Indonesia.

    “Bukan dari BI, tapi kami monitor” kata Erwin seperti dikutip Kompas.com, Selasa (8/2/2021).

    “Sepertinya itu hanya iseng-iseng buat bikin konten terus beredar luas di Instagram dan Facebook, saya dengar si pembuat video sudah minta maaf,” tambahnya.

    Lebih lanjut, Pihak Bank Indonesia meminta agar semua video yang terkait dengan pecahan uang Rp100 tersebut segera dihapus dan meminta masyarakat untuk berhati hati dalam membuat konten yang berkaitan dengan uang rupiah.

    “Walau bagaimanapun rupiah merupakan kedaulatan NKRI, maka dari itu kami ajak masyarakat untuk berhati hati mengenai pembuatan konten uang rupiah” kata Erwin.

    Berdasarkan hasil Penelusuran fokusjabar.id Dari berbagai sosial media, Video yang memperlihatkan pecahan uang Rp 100 tersebut sudah tidak tersedia.

    (Fauza/Erwin)

    Berita Terbaru

    spot_img