spot_img
Sabtu 4 Mei 2024
spot_img
More

    “Ulin ka Bapa” Pacu Adrenalin Wisatawan

    BANJAR,FOKUSJabar.id: Destinasi wisata baru di Kota Banjar Jawa Barat (Jabar), Ulin ka Bapa memacu adrenalin para pengunjung di sungai Citanduy.

    Destinasi wisata tersebut berlokasi di Dusun Balokang Patrol, Desa Jajawar, Kecamatan Banjar. 

    Ulin Ka Bapa (main ke ayah) yang digagas Karang Taruna Balokang Patrol, para wisatawan tidak hanya disuguhkan keindahan Sungai Citanduy saja, tetapi juga menyajikan sarana River Tuning yang memacu adrenalin para pengunjung.

    ulin ka bapa fokusjabar.id
    (Foto Budiana)

    River tubing adalah kegiatan menyusuri sungai menggunakan ban karet. Dengan memanfaatkan aliran sungai yang aman, wisata ini bisa dinikmati oleh siapa saja tanpa membutuhkan kemampuan tertentu.

    BACA JUGA: Ramai di Tiktok Lagu Genjer genjer, Kritik, Politik dan Kisah di Dalamnya

    Selain itu dengan adanya pelampung dan pemandu, akan menjamin wisata yang melakukan River Tubing di Sungai Citanduy aman.

    Menurut Pengelola Wisata Ulin Ka Bapa, Bhira Tawado (Kang Ado) mengatakan, river tubing yang disediakan baru diluncurkan pada November 2020 lalu.

    Meski baru dibuka, namun banyak wisatawan yang berkunjung untuk mencoba adrenalin dan menikmati suasana Sungai Citanduy. 

    “Alhamdulillah banyak masyarakat  dari Kota Banjar, Tasik dan Ciamis yang berminat untuk menikmati alam dan permainan river tubing di sini,” kata Kang Ado saat ditemui FOKUSJabar di tempat wisata Ulin Ka Bapa, Minggu (7/2/2021).

    Para wisatawan dalam memacu adrenalin dengan River Tubing bisa memilih lintasan jalur. Jalur pertama dengan jarak 15 Km yang diberangkatkan dari Jembatan Salawe Cimaragas Kabupaten Ciamis sampai Baturadang Jajawar Banjar.

    ulin ka bapa fokusjabar.id
    (Foto Budiana)

    Setip wisatawan cukup mengeluarkan isi koceknya Rp60 ribu dengan lama perjalanan 1,5 jam.

    Jalur kedua dengan jarak 10 Km berangkat dari Tampian Faqir atau lokasi Ulin Ka Bapa sampai Baturadang Jajawar dibandrol 25 ribu per orang. 

    River tubing di Sungai Citanduy ini tidak hanya menawarkan keseruan terhanyut dalam aliran sungai saja, namun juga pemandangan sungai yang memiliki sejarah (membelah daerah) dengan sebutan Kota Idaman (Kota Banjar).

    Pengunjung river tubing dibekali dengan ban karet, pelampung karet dan sepatu khusus agar tidak licin saat berpijak di bebatuan dan tahan air.

    Menariknya lagi, di tengah-tengah perjalanan susur sungai Citanduy mereka akan menemukan aliran air yang menambah adrenalin. Dengan begitu, perjalanan river Tubing semakin seru. 

    (Budiana Martin/Bambang)

    Berita Terbaru

    spot_img