Sabtu 6 Maret 2021

Xenophobia jadi Trending dengan Jisoo BLACKPINK, Fans Resah

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Xenophobia mendadak menjadi trending di Tiwitter bersama dengan nama Jisoo BLACKPINK, Rabu (20/1/2021). Penggemar BLACKPINK atau BLINK pun ramai mengeluarkan tagar #ProtectJisoo dan #XenophobiaIsNotAJoke.

xenopbohia adalah ketidaksukaan atau ketakutan ekstrem terhadap orang asing, adat istiadat, atau agama, dan lain-lain (extreme dislike or fear of foreigners, their customs, their religions, etc).

Lantas, apa yang sebenarnya terjadi dengan Jisoo sehingga membutuhkan perlindungan?

Hal itu ternyata terjadi karena ulah sebagian orang yang telah menyerang Jisoo lantaran tak lancar berbahasa Inggris seperti Lisa, Jennie, dan Rose.

BACA JUGA: Cantiknya Bella Kuku, Selebgram yang Disebut Mirip Lisa BLACKPINK

Para fans BLACKPINK ternyata resah dengan penyerangan tersebut. Banyak yang takut bahwa penyerang Jisoo adalah kaum xenophobia.

Xenophobia jadi Trending dengan Jisoo BLACKPINK, Fans Resah 1
Jisoo BLACKPINK. (web)

Xenophobia adalah istilah luas yang dapat diterapkan pada ketakutan apa pun terhadap seseorang yang berbeda dari kita. Permusuhan terhadap orang luar sering kali merupakan reaksi terhadap rasa takut.

Istilah ini juga sering tumpang tindih dengan bentuk prasangka lain seperti rasisme dan homofobia, tetapi ada perbedaan penting. Jika rasisme, homofobia, dan bentuk diskriminasi lainnya didasarkan pada karakteristik tertentu, xenofobia biasanya berakar pada persepsi, anggota kelompok luar adalah orang asing.

Kebanyakan orang xenofobia tidak benar-benar fobia. Sebaliknya, istilah tersebut paling sering digunakan untuk menggambarkan orang-orang yang mendiskriminasi orang asing dan pendatang.

Mengapa Anda mengolok-olok aksennya atau kemampuan bahasa Inggrisnya secara umum? Saya ingin melihat kalian mencoba belajar lebih dari dua bahasa tanpa kesulitan apapun sebelum mengkritik orang lain Wajah dengan alis terangkat #ProtectJISOO #XenophobiaIsNotAJoke,” tulis akun so0***, seperti dilansir Tirto.

“Jisoo (지수) adalah Idol KOREA SELATAN yang merupakan bagian dari girlgroup KOREA SELATAN Blackpink. Dia tidak berkewajiban untuk berbicara bahasa Inggris. #XenophobiaIsNotAJoke #ProtectJISOO,” tulis akun jisisapu***.

“Senyuman berharga ini harus dilindungi. Kim Jisoo adalah orang Korea, hanya karena dia adalah idola sehingga dia bisa berbicara dan fasih berbahasa Inggris ?! Anda lihat jisoo berusaha meningkatkan bahasa Inggrisnya, ini masuk akal karena hanya mengetahui fandom sooya dan lainnya yang akan menunjukkan cinta untuk jisoo,” tulis akun bayu_***.

(Agung)

 

 

 

Artikel Lainnya

Xenophobia jadi Trending dengan Jisoo BLACKPINK, Fans Resah 3