spot_img
Sabtu 25 Mei 2024
spot_img
More

    Wisata Buah Naga Ciamis Pengunjung Bisa Petik Sendiri

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Wisata Buah Naga di Cidolog, Kabupaten Ciamis kian melejit dan menjadi perhatian. Kebun buah naga di Cawene Koneng, Desa Nanggala, Cidolog, Kabupaten Ciamis itu membolehkan pengunjungnya memetik sendiri buah naga dari pohon yang berderet di kebun itu.

    Dari pusat perkotaan Ciamis, lokasi Wisata Buah Naga itu bisa ditempuh 1 jam perjalanan menggunakan roda empat atau lebih cepat dengan roda dua. Meski harus menempuh waktu 1 jam, udara yang sejuk dan keindahan perbukitan di sekeliling kebun bisa mengobati rasa lelah.

    Wisata Buah Naga Cidolog Ciamis sangat representatif untuk menjadi tujuan refreshing. Selain keberadaan ratusan pohon buah naga yang bisa dipetik langsung oleh pengunjung. Panorama perbukitan dan pesawahan khas alam Ciamis pun memberi nuansa fresh yang hakiki.

    BACA JUGA: Kampung Buah Naga Pangandaran Berpotensi Jadi Destinasi Wisata

    Pemilik kebun buah naga Suparman mengaatakan bahwa kebun buah naga miliknya cukup istimewa. Produksi buah naga dari ratusan pohon yang ditanam tak pernah berhenti setiap tahunnya. Selain itu, buah naga berwarna ungu dari kebun ini pun rasanya sangat manis dan legit.

    “Ada sekitar 300 pohon dan semuanya tidak pernah berhenti berbuah. Pengunjung silakan mencicipi terlebih dahulu sebelum nanti membeli dan metik sendiri. Buah naga di sini kami bandrol Rp13 ribu per kilogram. Alhamdulillah meski baru dibuka, pengunjung di awal 2021 ini cukup banyak,” kata Suparman.

    Suparman mengatakan bahwa kebun nya itu sudah ditanami buah naga sejak empat tahun ke belakang. Namun saat itu buahnya hanya untuk keperluan pembuatan jus.

    “Setelah bertemu pak Otong Bustomi (Camat Cidolog), saya mendapat pencerahan terkait pemupukan dan mengelola tanaman agar lebih produktif. Termasuk cara memasarkannya,” kata dia.

    Suparman berencana mengembangkan produksi dan potensi dengan menambah jumlah tanaman buah naga. Dia berharap bisa menjadi agro wisata unggulan di Ciamis.

    Sementara itu, Camat Cidolog Otong Bustomi mengatakan, buah naga sangat cocok dengan kondisi alam Cidolog. Di wilayah ini, kata dia, banyak warga yang menanam dan hanya untuk keperluan konsumsi sendiri, padahal ini bisa meningkatkan perekonomian desa.

    “Destinasi petik buah ini dibuat tujuanya untuk menjaga stabilitas harga di tingkat petani. Mengantisipasi keberadaan bandar atupun pengepul yang biasanya mematok harga rendah. Mengingat, kualitas buah naga Cawene Cidolog ini sangat bagus, dengan keunggulan rasa manis dan legit,” kata Otong.

    Pihaknya akan mengajukan penataan infrastruktur ke Pemkab Ciamis, seperti akses jalan, jembatan hingga sentuhan teknologi untuk pengembangan produksi.

    “Kami berharap Wisata Buah Naga Cidolog Ciamis bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat, terutama dengan bantuan pengembangan oleh pemerintah,” kata dia.

    (Riza M Irfansyah/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img