spot_img
Minggu 19 Mei 2024
spot_img
More

    Uji Vaksin AstraZeneca di Brasil-Inggris Manjur 70 Persen

    INGGRIS,FOKUSJabar.id: Calon vaksin Covid-19 dari perusahaan obat asal Inggris AstraZaneca dilaporkan memiliki kemanjuran sampai rata-rata 70 persen, Rabu (9/12/2020).

    “Tugas kami sebagai ilmuwan adalah menghasilkan data dan membuatnya tersedia untuk umum bagi orang-orang untuk diteliti dan ilmuwan untuk diteliti dan juga sekarang untuk diteliti oleh pembuat kebijakan dan pembuat kebijakan. Keputusan ini bukan untuk kami buat,” kata Prof Andrew Pollard dari Universitas Oxford.

    Laporan tersebut dipublikasikan dan dikutip dari situs penelitian ilmiah Lancet, berdasarkan uji klinis ketiga di Brasil dan Inggris.

    Jurnal ilmiah The Lancet pada Selasa (8/12) menerbitkan sebagian hasil dari tes vaksin Covid-19 di Inggris, Brasil dan Afrika Selatan, hasilnya tanpa gejala pada 23.745 relawan dan memberikan perlindungan pada 11.636 relawan.

    BACA JUGA: India Diserang Penyakit Misterius, Satu Orang Tewas dan Ratusan Orang Dirawat

    Para peneliti mengklaim vaksin itu melindungi 62 persen efektif dalam mencegah penyakit Covid-19, dan 90 persen ampuh melindungi mereka dari Covid-19 untuk relawan yang diberi setengah dosis.

    Tetapi ketika data kemanjuran dari uji coba digabungkan, termasuk uji coba di mana sukarelawan menerima dosis rendah diikuti dengan dosis standar, vaksin itu dianggap 70 persen efektif.

    “[Ini] akan membutuhkan penelitian lebih lanjut karena akan lebih banyak data yang tersedia dari uji coba tersebut,” tulis studi tersebut, seperti dilansir CNN.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img