spot_img
Sabtu 27 April 2024
spot_img
More

    Harga Ayam di Pasar Melonjak, Peternak Tak Kebagian Untung

    CIAMIS,FOKUSJabar. Id: Harga ayam broiler di Pasar Manis, Ciamis melonjak cukup tinggi hingga mencapai Rp40 ribu per kilogram. Harga tersebut sangat berbeda jauh dengan harga di tingkat peternak (kandang).

    “Untuk harga ayam hidup di kandang, saya jual dengan harga Rp22 ribu per kilogram,” kata salah seorang peternak, Rega (49), Kamis (26/11/2020).

    Peternak ayam asal Dusun Cililitan Desa Karanganyar Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis itu mengatakan, sedangkan untuk ayam potong dalam kondisi sudah dibersihkan dibanderol dengan harga yang terpaut Rp2000 per kilogram.

    “Jadi kalau yang sudah dalam kondisi bersih, harganya Rp24 ribu per kilogramnya,” kata dia.

    Terkait harga ayam broiler di pasar yang cukup tinggi mencapai Rp40 ribu per kilogram, Rega mengaku tidak mengetahui penyebabnya. Pasalnya, pihaknya tidak menjual dengan banderol tersebut saat dibeli langsung di kandang.

    BACA JUGA: Di Pasar Manis Ciamis, Harga Daging Ayam Fluktuatif

    “Mungkin para pedagang di pasar harus banyak mengeluarkan biaya operasional, termasuk mengganti penyusutan pengambilan ayam dari kandang sampai ke pasar,” kata Rega.

    Dengan menjual ayam dengan harga Rp22 ribu per kilogram, Rega mengatakan hanya mengambil keuntungan yang kecil. Namun karena kondisi pandemi Covid-19 saat ini, harga tersebut sudah cukup untuk mengganti ‘keringat’ para peternak.

    “Saya bukan peternak besar, hanya mempunyai keuntungan kecil. Yang penting, untuk saat ini, bisa menutupi biaya pemeliharaan dan sedikit keuntungan,” kata Rega.

    ( Husen Maharaja/Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img