spot_img
Jumat 19 April 2024
spot_img
More

    Satgas Penanggulangan Bencana Kalipucang Perbaiki Tanggul Jebol

    PANGANDARAN,FOKUSJabar.id: Para relawan kebencanaan yang tergabung dalam Satgas Penanggulangan Bencana Kecamatan Kalipucang memperbaiki tanggul yang jebol di Dusun Kedungpalungpung Desa Tunggilis, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, Sabtu (21/11/2020). 

    Akibat Tanggul yang jebol itu ratusan hektare areal sawah terendam banjir di perbatasan antara Desa Tunggilis Kecamatan Kalipucang dan Desa Ciganjeng Kecamatan Padaherang. 

    Camat Kalipucang Nana Sukarna mengatakan, perbaikan tanggul jebol melibatkan Satgas Penanggulangan Bencana Kecamatan Kalipucang yang terdiri dari warga, Polri, TNI, Aparatur Pemerintahan Kecamatan, Desa, FKDM, Tagana dan relawan lainnya.

    “Kami bergotongroyong memperbaiki tanggul yang jebol menggunakan bambu dan pasir yang dimasukan ke dalam ratusan  karung,” kata Nana.

    BACA JUGA: Kapolsek dan Pemerintah Kecamatan Kalipucang Sambangi Koramil 1319 Kalipucang

    Nana mengatakan, para relawan membawa bahan material menggunakan seperti bambu dan pasir Para relawan membawa material tersebut menggunakan perahu.

    FOKUSJabar.id Kalipucang
    Para relawan kebencanaan yang tergabung dalam Satgas Penanggulangan Bencana Kecamatan Kalipucang memperbaiki tanggul yang jebol di Dusun Kedungpalungpung Desa Tunggilis, Kecamatan Kalipucang. ( FOKUSJabar/Agus )

    “Apabila tidak segera dibuatkan tanggul sementara, khawatir hujan akan datang dan debit air tambah tinggi dan mengancam 50 rumah warga, akibat tanggul jebol ini petani mengalami kerugian jutaan rupiah,” kata dia.

    Nana menjelaskan, Satgas Penanggulangan Bencana sudah dibentuk beberapa bulan kebelakang. Jadi ketika ada bencana, satgas siap dan sigap.

    “Reaksi cepat ini alhamdulillah bisa selesai satu hari. Ini berkat semua pihak yang membantu diantaranya masyarakat setempat juga Pemdes Desa Tunggilis, Koramil juga Polsek Kalipucang,” pungkasnya.

    (Agus)

    Berita Terbaru

    spot_img