Jumat 4 Desember 2020

Satgas Penanggulangan Bencana Kalipucang Perbaiki Tanggul Jebol

PANGANDARAN,FOKUSJabar.id: Para relawan kebencanaan yang tergabung dalam Satgas Penanggulangan Bencana Kecamatan Kalipucang memperbaiki tanggul yang jebol di Dusun Kedungpalungpung Desa Tunggilis, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, Sabtu (21/11/2020). 

Akibat Tanggul yang jebol itu ratusan hektare areal sawah terendam banjir di perbatasan antara Desa Tunggilis Kecamatan Kalipucang dan Desa Ciganjeng Kecamatan Padaherang. 

Camat Kalipucang Nana Sukarna mengatakan, perbaikan tanggul jebol melibatkan Satgas Penanggulangan Bencana Kecamatan Kalipucang yang terdiri dari warga, Polri, TNI, Aparatur Pemerintahan Kecamatan, Desa, FKDM, Tagana dan relawan lainnya.

“Kami bergotongroyong memperbaiki tanggul yang jebol menggunakan bambu dan pasir yang dimasukan ke dalam ratusan  karung,” kata Nana.

BACA JUGA: Kapolsek dan Pemerintah Kecamatan Kalipucang Sambangi Koramil 1319 Kalipucang

Nana mengatakan, para relawan membawa bahan material menggunakan seperti bambu dan pasir Para relawan membawa material tersebut menggunakan perahu.

FOKUSJabar.id Kalipucang
Para relawan kebencanaan yang tergabung dalam Satgas Penanggulangan Bencana Kecamatan Kalipucang memperbaiki tanggul yang jebol di Dusun Kedungpalungpung Desa Tunggilis, Kecamatan Kalipucang. ( FOKUSJabar/Agus )

“Apabila tidak segera dibuatkan tanggul sementara, khawatir hujan akan datang dan debit air tambah tinggi dan mengancam 50 rumah warga, akibat tanggul jebol ini petani mengalami kerugian jutaan rupiah,” kata dia.

Nana menjelaskan, Satgas Penanggulangan Bencana sudah dibentuk beberapa bulan kebelakang. Jadi ketika ada bencana, satgas siap dan sigap.

“Reaksi cepat ini alhamdulillah bisa selesai satu hari. Ini berkat semua pihak yang membantu diantaranya masyarakat setempat juga Pemdes Desa Tunggilis, Koramil juga Polsek Kalipucang,” pungkasnya.

(Agus)

Artikel Lainnya

Bio Farma Siap Luncurkan Infrastruktur Digital Covid-19

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Bio Farma siap meluncurkan infrastruktur digital untuk memenuhi...

Manjakan Pengunjung, FFFEST digelar Satu Bulan Penuh

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Festival belanja online Fast Futur Fest (FFFEST) digelar selama sebulan penuh hingga 27 Desember 2020 mendatang, bertujuan untuk memanjakan pengunjung.  FFFEST sendiri merupakan sebuah even...

Oded Terbitkan 7 Intruksi Pencegahan Covid-19, Ini Isinya

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus berupaya menyelesaikan persoalan pandemi Covid-19 di Kota Bandung. Berbagai peraturan telah ditebitkan guna mencegah penyebaran penyakit yang disebabkan...

Dosa Berhijab Gaya Punuk Unta

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Berhijab Gaya punuk unta zaman sekarang ini tengah trend. Namun apakah anda tahu bahwa Gaya berhijab tersebut bertentangan dengan apa yang ada dalam...

Jalan Dipatiukur Kota Bandung di Tutup Hingga 14 Hari Kedepan

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pemkot Bandung melakukan monitoring di kawasan Dipatiukur kota Bandung, dalam rangka menekan penyebaran Covid-19. Hal tersebut dilakukan setelah Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengubah...

Disdik: 13 Ribu Siswa di Kota Bandung Tidak Miliki Akses Belajar Daring

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung menyatakan, sebanyak 13 ribu siswa SD dan SMP yang rawan melanjutkan pendidikan (RMP) tidak memiliki akses belajar secara...

BLACKPINK Gelar Konser Live-Stream ‘The Show’ pada 27 Desember

BANDUNG,FOKUSJabar.id: BLACKPINK akan menggelar konser virtual secara live-streaming 'The Show' pada 27 Desember 2020 mendatang pukul 14.00 waktu Korea. YG Entertainment menyatakan Konser tersebut rencananya...